Eksotisme Pantai Indrayanti

| Wednesday, 22 May 2013 |

Salah satu pantai yang sangat populer di daerah pantai selatan Yogyakarta adalah Pantai Indrayanti, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini sejatinya bernama pantai Pulang Syawal, sedangkan indrayanti sendiri merupakan nama salah satu cafe dan resort yan bereda di sekitar pantai ini, karena kebetulan papan nama cafe tersebut bertuliskan Indrayanti, jadilah masyarakat kemudian terbiasa menyebut nama pantai ini sebagai pantai indrayanti ketimbang nama resminya, pantai Pulang Syawal.



Kendatipun pantai ini memiliki pasir putih yang indah, namun jangan harap anda bisa menemukan area tepian yang luas layaknya pantai parang tritis, karena pantai ini termasuk salah satu pantai yang curam, maka tak heran jika jarang ada orang yang mandi di pantai ini.



Lalu, apa daya tarik utama pantai ini? Daya tarik utama pantai ini adalah pemandangan karang indah yang kokoh berdiri di beberapa titik di sekitar pantai. Karang-karang inilah yang sering dijadikan oleh pengunjung sebagai spot dan obyek foto wisata maupun pre wedding.



Dan dari tahun ke tahun, jumlah pengunjung pantai ini selalu naik, namun walau begitu, kebersihan pantai ini tetap terjaga, karena pemerintah Gunung Kidul sebagai pengelola pantai menerapkan aturan denda sebesar Rp 10.000 bagi wisatawan yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Untuk urusan kuliner dan penginapan, jangan khawatir, di area pantai ini banyak terdapat resto-resto dan warung makan kecil berkonsep gazebo yang menyediakan aneka kuliner seafood maupun kuliner khas daratan seperti soto, bakso, mie ayam, dll. Untuk minuman, tentu menu favorit adalah Es kelapa muda yang bisa anda minum langsung dari buah kelapanya. Untuk perkara penginapan, sekali lagi anda tak perlu khawatir, karena di sekitar pantai Indrayanti, banyak terdapat resort yang menyediakan kamar untuk menginap dengan harga wisatawan, namun jika anda ingin harga yang lebih murah, anda bisa menyewa kamar di rumah warga yang lokasinya berada tak jauh dari spot pantai, harganya jauh lebih murah, mulai Rp 50.000,- per malam (cocok untuk solo backpacker ini)

Tiket masuk pantai ini cukup murah, hanya sebesar Rp 5.000,-, itupun sudah termasuk dengan htm pantai lain seperti baron, kukup, dan pantai-pantai lainya yang masih berada satu jalur memanjang di area pantai selatan gunung kidul. Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini bersama sanak dan saudara?.




Buku Agus Mulyadi

3 comments :

  1. Lah, aku melu nampang kok piye....

    ReplyDelete
  2. mas, ada info kontak atau rekomendasi penginapan yg buat backpackeran gak? 50rban gitu mas. mohon pencerahannya ya..

    ReplyDelete
  3. Berbicara mengenai mie, ijinkan saya berbagi informasi.
    Bagi pemilik restoran ataupun rumah makan yang memiliki menu mie, mungkin akan kesulitan mencari Box makanan yang tepat agar kuah dari mie tersebut tidak tembus.

    Untuk mengatasi hal tersebut, ini saya berikan referensi. Klik di sini.

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini

Tambahkan saya di Google+

 
Copyright © 2010 Agus Mulyadi Blog , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger