Tentang Kelanjutan Jasa Edit Foto

| Wednesday, 11 December 2013 |

Beberapa waktu yang lalu, setelah sempat tenar di dunia maya tentang jasa edit foto bareng artis, pada akhirnya saya memutuskan untuk berhenti menekuni bisnis ini. Dikarenakan ketakutan saya akan ancaman hukum yang bisa menimpa saya karena menggunakan foto artis sembarangan, saya takut kena pasal hak cipta.

Nah, namun hingga kini, alias hampir satu bulan sejak saya memutuskan berhenti dari jasa edit foto, masih saja ada yang sms untuk minta tolong dieditkan fotonya. Yah, saya maklum, karena memang walaupun saya sudah memasang pengumuman di blog saya tentang berhentinya saya menerima jasa edit foto, namun tetap saja iklan edit foto saya masih bertebaran di timeline.

Beberapa saya tolak, namun beberapa saya terima. Yang saya terima biasanya editan foto yang sifatnya lebih positif dan penting, misal beberapa hari yang lalu, saya dapet order edit foto seseorang. Beliau ini baru saja menikah, Nah, saat resepsi nikahan, ada sesi foto bersama seluruh keluarga besar kedua mempelai, dan ternyata si Paklik-nya mempelai pria ndak ikut foto, karena sibuk mengurusi tamu, maka jadilah si paklik itu foto sendiri untuk kemudian saya rekayasa agar seolah-olah ikut foto bersama keluarga besar kedua mempelai.

Untuk jenis-jenis order editan yang sifatnya penting dan etis seperti contoh di atas, saya masih mau nerima, namun kalau order editan narsis bareng artis, maka dengan tegas saya tolak. Tak peduli itu yang minta cewek cakep yang sampai merengek-rengek. Saya tetap menolak, alhamdulillah, iman saya masih kuat (tapi entah, apakah imron saya juga kuat).

Jujur saja, dari beberapa pengorder yang saya tolak, ada yang sampai ngotot dan gigih memaksa agar saya mau mengeditkan fotonya, bahkan sampai ada yang merayu sambil berkata begini "Mas Agus cakep wes", halah, rayuan ora mutu, lha wong Bapak saya sendiri saja tega kok bilang saya jelek, kok dia bisa-bisanya bilang saya cakep, kan ndak etis sekali. kecuali kalau dia bilang "Mas Agus agak mendingan wes mukanya", nah kalau itu malah saya agak maklum.

***

Lalu setelah saya berhenti edit foto, kerjaan saya ngapain aja? ya seperti biasanya seperti sebelumnya saat saya masih belum buka jasa edit foto. ya Jaga Warnet, karena memang itu kerjaan saya.

Trus setelah menutup jasa edit foto, apakah Saya masih bisa makan? apakah saya masih bisa membiayai uang SPP anak tercinta, atau apakah saya masih tetap mampu memberikan uang nyalon untuk istri saya tercinta? Jawabannya, Masih. Perlu anda ketahui mas mbak, saya ndak semiskin itu. Insya Alloh saya masih kuat. Toh, sebelumnya juga begitu.

Aku Rapopo

Alhamdulillah, setelah saya memutuskan berhenti jadi editor foto artis, ternyata muncul jalan rejeki lain yang Alloh berikan untuk saya. Berkat kasus editan foto Oshi yang sempat heboh itu, blog saya ini jadi kebanjiran pengunjung, yang secara tak langsung ikut mendongkrak blog jasa saya yaitu Agusdesain.com yang memang sengaja saya cantumkan di menu tentang saya.

Nah, dari situlah orderan desain mulai berdatangan. banyak yang ngasih proyek bikin web (yang saya lempar ke temen saya soalnya saya sibuk setengah mati), company profile, layout majalah, sampai newsletter (kebetulan, saya lumayan bisa menggunakan adobe indesign).

Dan untuk saat ini, Saya sedang mengerjakan orderan layout majalah pemerintahan provinsi Bengkulu. cukup menyita waktu, Bahkan inipun saya menyempatkan nulis postingan ini disela-sela pembuatan layout majalah tersebut.

Alhamdulillah, uang dari hasil nglayout ini sangat-sangat cukup kalau sekedar untuk makan, beli masako, langganan speedy selama satu tahun, beli es krim konelo, atau untuk sekedar "jajan" di luar.

Selain mengerjakan proyek desain, sekarang ini saya juga sedang rajin menulis naskah. Soalnya ada salah satu penerbit yang ingin membukukan karya-karya tulisan saya yang beberapa diantaranya diambil dari tulisan-tulisan di blog saya ini (Alhamdulillah tenan). Doakan semoga cepat selesai dan buku saya bisa cepet terbit dan laku keras bak LKS Kunti atau majalah Bobo.

Jadi, sekarang ini, kerjaan saya terbagi menjadi 3 shift. Pagi sampai sore Jaga Warnet, Sore sampai malam ngerjain proyek layout majalah, dan Malam sampai larut ngerjain naskah buku (soalnya tengah malam adalah waktu-waktu penuh inspirasi).

***

Pada akhirnya, saya hanya bisa berharap pembaca semuanya sudi dan berkenan mendoakan yang terbaik untuk saya, mendoakan agar saya bisa terus berkarya dan senantiasa diberikan kebaikan dan kesuksesan. Karena jika saya sukses, insya Alloh akan banyak wanita yang mendekat, dan dengan itu, saya bisa memilih salah satu, dan dengan itu pula, saya bisa memperoleh jalan untuk mengakhiri masa lajang saya.

Saya berharap, Doa anda mampu membuat blog ini berubah tagline, dari "Agus Mulyadi Njaluk Rabi", menjadi "Agus Mulyadi Akhire Rabi". Aamiin.

Banyurojo Magelang, 11 Desember 2013.




Buku Agus Mulyadi

53 comments :

  1. Super Sekali Gus... pokoknya tetep tak doakan yang terbaik untuk dirimuhhh..

    ReplyDelete
  2. aamiin... mugo2 terkabul doane mas Gus Mul, ndang rabi tenan...

    ReplyDelete
  3. Hai mas, salam kenal, inspiratif banget sampeyan. Ortuku juga di Magelang. Jadi pengin kopdar mengko yen mudik. Kok pake kaos ASEAN BLogger kudune wes tau ketemu tapi ora kenalan soale aku emak2, kalah ampuh karo Oshi & bukan seleb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nek mudik harus atur waktu untuk meeting ini.. hehehe

      Delete
  4. wah cak... Raymu menuhin temline berita nih.. jo lali nek bukune payu ko nrakti aku yoo!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. rek njaluk opo? mie ongklok? po es krim konelo?

      Delete
  5. Ammiin... isoh2 dadi raditya dika versi jowo mas hehe

    ReplyDelete
  6. Moga selalu sehat, sukses, dan secepatnya dapat pendamping hidup. Amien!

    ReplyDelete
  7. Tak dongake mas mugo2 proyeke lancar..salam kenal mas dari Pekalongan.

    ReplyDelete
  8. josss pokok e..njuk rabi mas :D

    ReplyDelete
  9. walah2 nggak ngerti kapan mulaine, ngerti2 wes bubar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha sampeyan koran wingi diwoco saiki sih.. wkwkwkw

      Delete
  10. Replies
    1. Sing penting wis ono calon'e po hurung...

      Delete
    2. Golek sing sholehah kuwi gampang

      Golek sing ayu kuwo yo gampang

      Glek sing ugih soyo gampang

      SIng angel, golek sing gelem

      Ho'o ra mas :P

      Delete
  11. hahaha Tapi emang tulis2anmu apik owk Gus, berbanding terbalik dgn penampakanmu!! wkwk.. Terus berkarya ya Gus,, ehh tapi aku kok bingung yo.. jare kowe rung rabi, lha anak sing mbok bayari kuwi anake sopo Gus??

    ReplyDelete
  12. Doa saya menyer tai mu gus!!
    Tulisanmu memang informatif, ringan, nyeleneh, nggateli tp nyenengkeh..
    Tuhan memang Maha Adil..Wajah sama sekali tdk menggmbarkn kejeniusan otak anda!

    ReplyDelete
  13. mangap eh mantabb gus.. sukses buat ketiga-tiganya..
    ojo lali ngombe susu ben tetep fit trus sapa tau malah entuk kenalan seng dodol susu ne hihihi

    sayang neng BN2013 wingi gak ketemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nek oleh bakul susu, berarti aku le ngombe susu ndobel no

      Delete
    2. walahhhh... bakule susu jebule lanang....

      Delete
  14. sayangnya adikku wes dilamar gus.. asyik kali ya klo bisa besanan sm gus mul hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, padahal aku wis nyiapke ubo rampe lho mbak

      Delete
    2. sabar gussss...
      jodoh ga akan kemana2.. pasti hadir dan pasti tiba waktunya.. waktu terindah, waktu terbaik tuk mu...

      sukses terus gus :D

      Delete
  15. Wah, ternyata mas Agus udah punya istri dan anak toh. sukses terus mas:))

    ReplyDelete
  16. pinter-pinter ngatur jadwal Gus, ojo lali Herkules diopeni....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nek hercules'e yo jelas tak terlupakan tho kang

      Delete
  17. keren tenan mas agus itu, alhamdulillah tenan kemarin saya berkesempatan foto bareng dengan the rising star agus mulyadi, meski fotonya masih di kameranya puji wijaya sampai sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah, bahasane ki, rising star... wkwkw... Semoga di lain kesmepatan iso pethuk meneh kang

      Delete
  18. asal jangan "besar kepala" klo sukses ya gus. Good Luck deh hehe

    ReplyDelete
  19. sik...sik... aku rada curiga karo kalimat iki: Alhamdulillah, uang dari hasil nglayout ini sangat-sangat cukup kalau sekedar untuk makan, beli masako, langganan speedy selama satu tahun, beli es krim konelo, atau untuk sekedar "jajan" di luar. kenapa kata JAJAN-nya pakai tanda petik? btw, salam kenal mas agus...

    ReplyDelete
  20. rabi iku syarate mung kale.


    Kale sinten?

    ReplyDelete
  21. terus lek gak sukses ga iso milih cewek gitu ? terus lek ga sukses ga nikah gitu ? lek pengin rabi yo rabio mas, jo kuatir rejeki menungso wes ditulis sing Kuoso sak durunge lahir

    ReplyDelete
  22. iki lagi nulis tentang dirimu pas ketemu ning bn2013.. :D

    ReplyDelete
  23. Nak rabi ojo salah pilih, mengko khawatir sampean milih calonne lanang.. :D

    ReplyDelete
  24. sungguh membuat terharu...
    Papa Bangga Sama Kamu, Nak!

    ReplyDelete
  25. amiin mas .. inyong doake ,, mas agus ndang oleh bojo sing uayo jobo jero..... amiiin....

    ReplyDelete
  26. Aamiin.. tur nek wis sido rabi, kudu tetep nyocot, eh, nggambleh, eh berkarya lho masdab :D

    ReplyDelete
  27. itilah yg betul bukan edit foto mas. edit tu milih, nyortir, menggiring pemaknaan.
    yg kamu lakukan itu digital alteration, digital manipulation, atau digital imaging.
    bukan edit foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi orang-orang mintanya "Mas, tolong dieditin", dan bukannya "Mas tolong dimanipulasiin"...

      Kalau menurut saya sih asal bukan perkara baku, lebih baik gunakan kata yg banyak dimengerti orang mas, yg dimengerti itu lebih jelas mas..

      Contohnya ibu-ibu yg nyebut "menanak nasi", ketimbang "menanak beras", padahal yg bener itu menanak beras. Tapi pesan lebih tersampaikan dengan kata "menanak nasi", ya tho..

      Delete
    2. jawaban e gus Mul mak jleb. .
      bebe bebe ... mangan sego bebek disek kono !

      Delete
  28. manteb mas! dongakno aku juga ya, aku yo pengen sukses njuk rabi :3

    ReplyDelete
  29. maju terus,,pantang menyerah...Alloh sudah menetapkan rejeki setiap umatnya,,,,,ayo kita jemput rejeki kita masing-masing dengan jalan yang di ridhoi Alloh,,,aminn,,,sukses selalu...

    ReplyDelete
  30. Mas saya boleh copas gambarya rapopo ya ..?
    seneng banget sama gambare

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  32. mas saya pingin edit foto band noah yang lagi konser.tapi muka ariel di ganti ama muka saya bisa gak

    ReplyDelete
  33. dadi ora iso edit foto meneh? Aku arep poto karo Rihanna mas.... piye mas?

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini

Tambahkan saya di Google+

 
Copyright © 2010 Agus Mulyadi Blog , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger