Implementasi Pengusiran Demit

| Thursday, 25 December 2014 |

Ilustrasi Demit

Di Film Tuyul yang dibintangi oleh almarhum Darto Helm, ada satu adegan yang begitu terkenang bagi saya, yaitu adegan Tuyul yang ndak bisa tembus masuk ke sebuah rumah karena di pintu rumah tersebut tertempel stiker bertuliskan ayat Al-Quran.

Gara-gara film Tuyul tersebut, dulu saya sampai sangat meyakini, bahwa demit itu takut sama tulisan arab. Dasar anak kecil, dulu saya menganggap, demit atau setan itu takut bukan karena faktor ayat Al-Quran-nya, melainkan karena huruf arabnya. Maklum saja, namanya juga anak kecil, belum tahu apa itu ayat Al-Quran, tahunya tulisan arab. Titik. Pokoknya setan takutnya cuma sama tulisan arab.

Gara-gara hal ini, dulu saya pernah merengek sama bapak agar bapak membeli hiasan kaligrafi arab, maksud saya biar bisa dipasang di ruang tamu, biar ndak ada setan yang masuk ke rumah.

Lebih konyol lagi, dulu saya pernah begitu selo menulis huruf-huruf hijaiyah di dinding kamar saya, huruf-huruf itu saya salin dari iqro jilid 1, harapannya agar tak ada setan yang berani masuk ke kamar saya. Dulu saya beranggapan, huruf hijaiyah kan huruf arab, jadi setan pasti ndak bisa masuk kamar saya, karena saya yakin, setan takut sama huruf arab.

“biar setan ndak bisa masuk tho mak!”, jawab saya kepada emak sewaktu ditanya kenapa corat-coret huruf arab di dinding kamar. Emak saya hanya nyengir, mungkin membatin: “demit goblok mana yang bisa diusir cuma dengan huruf alib ba ta”.

Kalau Ingat hal itu, saya jadi merasa sangat bodoh. Kok ya bisa-bisanya saya mengira demit bakal takut hanya karena saya menulis huruf arab di dinding kamar.

Tapi saya tentu memakluminya, namanya juga anak kecil.

Dan sungguh beruntungnya saya, karena ternyata, saya bukan satu-satunya orang yang konyol dalam perkara demit ini. Puji syukur, ada yang lebih konyol dari saya. Sebut saja namanya Karyo. Ia temannya teman saya.

Jadi ceritanya, di Suatu malam, sekitar jam 11 malam, Karyo pulang sehabis melihat tontonan dangdut. Ia pulang sendirian, berjalan kaki, karena jarak tempat tontonan dengan rumahnya tak jauh-jauh amat. Kawan-kawannya mungkin masih berjoget di panggung dangdut, karena memang pertunjukkan dangdutnya belum usai. Karyo sengaja pulang lebih awal karena ia masih ada keperluan rumah yang harus diselesaikan.

Saat perjalanan pulang, Tibalah Karyo melewati jalan yang begitu sepi dan tanpa penerangan yang cukup. Kiri kanannya hanya berupa kebun kosong.

Karyo agak bergidik. Maklum, walau raganya sangar, tapi mental si Karyo ini rapuh serapuh-rapuhnya. Si Karyo mulai merinding, bulu kuduknya berdiri hebat. Untuk menenangkan diri, ia pun menyulut rokok yang ada di sakunya. Karyo pun berjalan dengan langkah yang agak cepat, takut kalau-kalau nanti bakal ada penampakan demit yang menganggu.

Dasar nasib siapa yang tahu. Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih.

Benar saja, yang ditakutkan oleh Karyo akhirnya terjadi juga. Baru beberapa hisapan rokok, Karyo sudah diperlihatkan penampakan demit. Namun bukan demit seperti pocong terbang, Genderuwo fangkeh, atau kuntilanak nongkrong di atas pohon. Melainkan sosok demit yang justru hadir dari kepulan asap rokok yang ia keluarkan.

Entah bagaimana ceritanya, asap rokok yang kepulkan ke udara mendadak berubah menjadi gumpalan asap yang begitu besar mengepul dan membentuk sosok menyerupai manusia yang tinggi besar. Sontak si Karyo ketakutan setengah mati, rokoknya langsung ia buang.

Karyo ingin lari sekencang-kencangnya, namun kaki serasa kaku. Ia hanya bisa terdiam. Keringat dingin pun mengucur deras.

Di tengah ketakutannya, ia teringat dengan kata seorang kawan, bahwa setan atau demit takut dengan bacaan ayat-ayat Al-Quran. Namun sial bagi Karyo, rupanya ia sama sekali tidak hafal ayat Al-Quran, boro-boro hafal Quran, lha wong ngaji iqro saja tak pernah tuntas.

Akhirnya, dengan terbata-bata dan penuh rasa ketakutan, Karyo mengucap dengan keras “Alip ba ta, alip ba ta, alip ba ta” dengan harapan si demit bisa segera enyah dari hadapannya.

Dan ajaib, sosok demit asap yang ada di hadapannya itu pun hilang. Iya, hilang. Tiga huruf awal hijaiyah itu rupanya berhasil mengusir sang demit asap. Ampuh, sungguh ampuh.

Saya yang diceritani kisah tadi hanya bisa gelang-geleng sambil tersenyum geli. Rupanya 'Alip Ba Ta' cukup bisa diandalkan untuk mengusir demit. Tapi jelas saya ndak yakin demit itu hilang karena panas oleh bacaan huruf hijaiyah yang dibaca oleh Karyo, saya lebih yakin, demit itu hilang karena ndak kuat menahan tawa saking gelinya.




Buku Agus Mulyadi

51 comments :

  1. iki si karyo lagi mendem ciu ketoke gus, mulane halusinasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoo ketoke, lha wis entek rong gendul paling

      Delete
  2. Setahu sy watak dasarnya jin/setan dkk itu pembohong besar, mas.. Yaa, boleh jadi dia pura2 takut sama abatasaja mas karyo biar mas karyo ini ngrasa "wes nduwe gaman sing cespleng" kalo ketemu sm yg kayak gitu lagi.. Ujung2nya bisa ditebak, mas karyo jadi males belajar iqro/quran, useless, lha wong abatasaja wae demite wes wedi kog.. Ini cm menurutku lho mas gusmul, ojo dadi atimu hehe, salam kenal, mbantul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wooooh, analisa sampeyan benar-benar mantap mas, seaakan-akan sampeyan pernah magang jadi demit... (hehehe, becanda lho mas)... tapi emang kelihatannya begitu mas, demit itu suka bersiasat, agar manusia sesat

      Delete
  3. Di alamnya sana, kemungkinan besar mbah demit "asap rokok" langsung open mic, stand up comedy! Bakalan jadi Raditya Dika-nya alam gaib.

    Ngakak soro mas moco tulisan sampean (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuwi demite mesti njuk kapok nek ketemu wong model koyo karyo kuwi, loro wetenge

      Delete
  4. jopa japune karyo sesuasu banget

    ReplyDelete
  5. kalo sampean yang ketemu demit ndak usah baca2...cukup nyengir saja....dijamin kabuuuurrrr..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha demite ki malah do njaluk foto ro aku jwe

      Delete
    2. nek ngono sampean termasuk silibriti di dunia ghoib ....ruaarrr binasa

      Delete
  6. Hahaha koe wes khatam iqra ping piro gus.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ha wis bola-bali, ngasi lali.. :)

      Delete
  7. Yo ngerti tulisan arab barang to gus

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... ha makanan sehari-hari je... #MacakUstadz

      Delete
  8. Doa pengusir demit, setan, jin dan sebangsanya yg sangat ampuh:
    Allahumma bariklanaa fima razaktanaa wakinaa adzaabannar. (ya.. sama dengan do'a sebelum makan, demit langsung kabur takut dimakan..)

    ReplyDelete
  9. Analisaku dhemite yo rung lulus iqro siji mz gus mul....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, analisamu persis analisaku mas... wkwkwk

      Delete
  10. Dengan huruf alif ba ta thok ae setan ra doyan demit ra ndulit njan mantepsesok tak prakteke gus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alip ba ta ne ampuh je mo... nek ng wonosobo ampuh ra?

      Delete
  11. Iku aslie demite ngempet ngguyu... nganti kebelet pipis, mangkane demite mlayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha iyo, kuwi ki dhemite asline ijin meh nggolek WC

      Delete
  12. "setan ora doyan demit ora ndulit"

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha emange kuwi setan opo lawoh mas? hahaha

      Delete
  13. Hahahaha .... pas bagian terakhir saya ngakak, Gus.

    Mending kayak Gus Mul ini waktu masih kanak-kanak, nulis huruf Arab di dinding ketimbang pasang poster artis kan mending nulis huruf Arab hehehe.

    Salam kenal ya... makasih sudah main ke blog saya di Blogdetik

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... saya kalau ingat juga sering ketawa sendiri mbak.. hehe, salam kenal mbak, matursuwun sudah kerso berkunjung

      Delete
  14. Demite ra kuat karo bau nguyuh-e si si Karyo je. Makanya setannya kabur, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pomeneh sakdurunge Karyo nguntal jengkol.. haha

      Delete
  15. gimana toh mas xD , kalau saya gak kuat baca artikel di blog ini , kepingkel pingkel hahaha xd

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalau ndak kuat, hambok monggo lambaikan tangan ke kamera

      Delete
  16. asli.. postingannya bikin ane ngakak guling guling..
    oalahh.. gus..gus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. guling-gulingannya yang teratur ya... jangan sampai rusuh. hehe

      Delete
  17. Ojo ngasi krungu Pak I'ed perihal demit kui maura, mengko di kiro kowe le sregep ngaji gur nggo nambah kanuragan ben poro demit klepat ra nyedak sliramu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ha pak Ied wis ngerti je..... njur piye jal...

      Delete
  18. wektu saiki Iblis lan demit tambah akeh seneng. wong saiki kathah kang ora bisa Al Qur'an gus.
    Mungkin setannya juga ga bisa ngaji gus, jadinya karyo nyebut alip ba ta disangkanya lagi ngaji :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalah, karang demit'e ra tau melu TPA....

      Delete
  19. Paling demite rong apal pancasila mas eh gak nyambung ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. welha.... malah ngarah tekan ono.... jan...

      Delete
  20. Demite kui minggat arep njupuk Iqro jilid 1 haaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wedian, analisamu lantip tenan... :)

      Delete
  21. menurut analisa saya,demit tadi takut dengan bau mulut si korban,karena beberapa pakar metafikimialogy(ilmu kimia yang mempelajari pengaruh reaksi zat terhadap dunia metafisika),.menemukan bahwa demit sangat sensitif dg bau,.bau menyan bereaksi thd. Mood demit,sedangkan bau petĂȘ dan bawang sangat dibenci demit,.apalagi dimungkinkan si korban mengkonsumsi Ciu atau oplosan yang memberi energi panas thd.bau mulut si korban. ITU hipotesa saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, analisis yang sangat mendalam... ra kalah ro sherlock Holmes

      Delete
  22. Gus... nek wedi ndelo NDemit..Tak andani makan Cuoklat Sing Akeh..


    ReplyDelete
  23. Hahaha asem tenan mas :))
    Iki meh padha karo ceritane kancane Ibuku, kaget merga diweruhi wujud dedemitan, saking shock-e bingung meh maca apa malah maca Pancasila seru seru :---)))) po demit e ra kemekelen

    ReplyDelete
  24. wkwkwwkk... ngapusi koe le le...

    ReplyDelete
  25. Klo baca nya "Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar"....dijamin demite mesti langsung minggaat.....

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini

Tambahkan saya di Google+

 
Copyright © 2010 Agus Mulyadi Blog , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger