Perkara ERR EMPTY RESPONSE

| Tuesday, 12 May 2015 |

Saya sudah pernah berpuluh-puluh kali (atau mungkin beratus-ratus kali) tidak bisa membuka alamat web di perangkat komputer saya. Biasanya muncul peringatan seperti gambar di bawah ini.



Hal ini wajar, karena ndilalah web yang saya buka memang web "dunia halus" yang memang tidak diperkenankan dibuak oleh pemerintah.

Namun, sudah hampir sebulan ini, saya tidak bisa membuka beberapa alamat web tertentu (padahal bukan web esek-esek semisal xvideos, dll) melalui perangkat saya. Ketika saya buka, Selalu muncul tulisan peringatan: No data received - ERR_EMPTY_RESPONSE. Ini cukup menyusahkan untuk saya, karena beberapa web yang tidak bisa saya buka adalah web yang cukup penting, beberapa diantaranya malah adalah blog-blog yang saya kelola.

No data received - ERR_EMPTY_RESPONSE

Tadinya saya mengira, ini hanya karena kerusakan pada perangkat browser yang saya gunakan. Namun ketika saya mencoba membuka dengan browser lain, ternyata hasilnya sama saja. Tulisan ERR EMPTY RESPONSE tetap muncul.

Saya pun mencoba bertanya kepada segenap rakyat twitter dan facebook, dan ternyata bukan saya saja yang mengalami hal ini. Usut punya usut, ternyata hal ini memang banyak terjadi pada pengguna Speedy.


Saya sudah komplain sama @Telkomcare, namun solusi yang mereka berikan hanya menyuruh kita merestart modem yang saya punya. Dan itu sama sekali tidak menyelesaikan masalah. Karena setelah saya restart pun, keadaanya tetap sama.


Saya pernah punya niatan untuk komplain langsung ke kantor Telkom atas masalah ini, namun niat tersebut akhirnya saya urungkan. Saya tak ingin kejadian beberapa bulan yang lalu terulang kembali.

Beberapa bulan yang lalu, saya memang pernah mengalami masalah dengan jaringan speedy saya, saya lalu telpon 147, dan jawabannya normatif "Silahkan ditunggu". Namun setelah beberapa hari, ternyata belum ada tindakan apapun.

Merasa tak puas, saya memutuskan untuk mendatangi kantor Telkom. saya ingin protes dan marah-marah semeledak mungkin.

Tapi bedebah, CS yang melayani aduan saya ternyata manisnya minta ampun, gaya bicaranya juga menyenangkan dan menyejukkan. Saya jadi tak sampai hati untuk memarahinnya. Alih-alih memarahi, hati saya malah terketuk untuk menafkahi. Energi kemarahan saya yang sudah saya tumpuk sejak dari rumah mendadak leleh tak berbekas.

Saya pun pulang ke rumah dengan gontai dan terpaksa menerima solusi yang masih itu-itu lagi: "Silahkan Ditunggu", sambil terus terbayang paras mbak CS yang manisnya minta ampun itu.

Pada akhirnya, saya memang harus kembali kepada khittah saya, menjalani laku suci seorang pertapa, yang Sabar, ikhlas, dan nrimo (sambil sesekali nyocot ringan, tentunya).

Oh, Telkom Speedy, tak bisakah kau selesaikan masalah ERR EMPTY RESPONSE ini secepat mungkin tanpa harus menunggu banyak orang yang protes? dan tak bisakah kau mengganti CS-mu dengan CS laki-laki yang lebih makiable dan bentakable?




Buku Agus Mulyadi

20 comments :

  1. Untunge aku nganggo modem gus... walo rodo jebol nek online tiap hari... malahan pengen masang maskawen karo CSe.. eh salah masang speedy deng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kene pengin nggo modem ra betah kuota-ne mo... hehe

      Delete
  2. Situs yang sampeyan buka dianggap terlarang. Bisa dianggap sekelas xxx atau penyebar ajaran isis, haha...

    Makanya jangan pakai spidi, pakai tiga yang maknyus mantep tanpa halangan. Prinsipnya ada harga ada barang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, lha disini yg paling kenceng (dan bebas kuota) masih speedy je mas :) ya mau bagaimana lagi

      Delete
  3. Telkom pinter make CS cewek, biar klo ada cowok yg komplen g bakal marah2, dan klo cewek yg komplen, biar ada tontonan seru jambak-jambakan rambut edisi DePe n JuPe ke-2 :D

    ReplyDelete
  4. wah mending sampeyan sing dadi CSe wae Gus, nek arep dho nyeneni ben podho-podho kepenak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, ha nek aku sing dadi CS, mungkin ra bakal ono sing komplen, hehe

      Delete
    2. yo gak bakalan komplen gus , paling yo langsung napok sampean

      Delete
  5. Koyoke masalahe luweh abot timbang masalah hati :-D

    ReplyDelete
  6. Wah, kayaknya ini emang strategi Telkom dah. Biar kagak ada yang marah-marah pas komplain, dikasih dah CS cewek yang muanisss....

    ReplyDelete
  7. koe pancen joss gus.. aku wingi wes nang telkom jogja neng teknisi sampe sak iki ra teko2.. :v jan joss pokok ee

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah, tenan tho, ora mung aku thok jebul sing ngalami

      Delete
  8. Bukan hanya telkom mas, saya pakai indo*at dan smart*ren pun mengalami hal yang sama berupa kode ERR_EMPTY_RESPONSE

    ReplyDelete
  9. Udah ada bahasan kemarin terkait beberapa situs yang diblock jadi kacau akses ke situs - situs lain.

    ReplyDelete
  10. Mendingan ganti aja mas Agus, saya juga nggak pake modem

    ReplyDelete
  11. Pake dns google aja mas agus

    ReplyDelete
  12. lah golek ae paketan liyo selain speedy mas hahaha..
    opo yo trah ben bolak balik nemoni mbak cs e. hehehe

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini

Tambahkan saya di Google+

 
Copyright © 2010 Agus Mulyadi Blog , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger