Nama Ilmiah Padi

| Saturday, 6 February 2016 |



Bapak saya itu, kalau soal pelajaran biologi, kemlinthi-nya minta ampun. Sok pintar, merasa seolah-olah ia hafal banyak tentang nama ilmiah tumbuhan. Padahal sejauh yang saya tahu, nama ilmiah tumbuhan yang bapak hafal yo cuma dua, yaitu kentang (Solanum tuberosum), dan padi (Oryza sativa).

Hanya dengan bekal hafal nama ilmiah dua tumbuhan tadi, bapak dengan segala ke-tidaktahudiri-annya, selalu saja show off pengetahuan. Kalau pas nonton tivi dan ada gambar padi atau persawahan, bapak akan sok-sokan bertanya “kamu tahu, apa nama ilmiah padi?”.

Walau saya sebenarnya sudah tahu (ayolah pak, dirimu sudah berkali-kali menanyakan itu, bagaimana bisa saya tidak tahu), tapi tentu saya akan menjawab tidak tahu, yah, sekadar membesarkan hati bapak saya, karena setelah itu, ia pasti akan menimpali.

“Mosok nama ilmiah padi saja tidak tahu” kata bapak dengan nada yang sangat meremehkan, “nama ilmiah padi itu Oryza sativa, diingat-ingat, penting itu,” lanjutnya, Seakan-akan, tidak ada ilmu pengetahuan lain yang urgensinya lebih tinggi dari sekadar nama ilmiah padi.

Kalau sudah begitu, saya hanya bisa berakting pah-poh ngah-ngoh ndah-ndoh. Berakting seolah-olah saya memang tidak tahu apa nama ilmiah padi, berakting seakan-akan saya mendapat pencerahan yang begitu luar biasa setelah diberi tahu nama ilmiah padi oleh bapak. Lha soalnya kalau tidak begitu, kapan lagi bapak bisa punya kesempatan buat show off pengetahuan. Gentho-gentho begini, saya kan juga bahagia kalau bisa menyenangkan hati orang tua.

Lalu, apakah saya kemudian benar-benar berusaha menghafalkan nama ilmiah padi seperti yang bapak suruh? tentu saja tidak, kalaupun saya hafal, itu semata karena saya terlalu sering diberi pertanyaan serupa sama bapak. Lagipula, hingga kini, saya masih belum tahu, apa manfaat signifikan dari "hafal nama ilmiah padi"




Buku Agus Mulyadi

56 comments :

  1. Mantap, mas agus. Salam dari Tangerang Selatan. Joss tenan.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. wah, aku ngasi nglegakke nggoleki ng google

      Delete
  3. Ojo di apalke ,ben iso nyenengke bapak e mas, hahaha, aku bola bali lewat gang omahmu ko sampeyan ora ono to mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gang omahku ngendi nggere? hehehe

      Delete
    2. Halah kono kuwi to cerak.e panca arga ,,hehehe, aku magelang e tempuran mas hahaha

      Delete
    3. Hahaha yo iyo kulon jembatan,, ngesok nak lewat nak sampeyan ono ning gang tak wenehi buah naga

      Delete
  4. wah keren ternyata pa'e njenengan cukup mengerti bahasa ilmiah yaa...
    salam kenal mas ..... buat bapaknya
    hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, salam kenal... pokoke salam kenalnya harus untuk saya...

      Delete
  5. Kalo saya baca Oryza sativa kok mirip ama maria ozawa, ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jiwa JAV-mu meledak-ledak ini kelihatannya

      Delete
    2. bukan meledak lagi, tapi sudah akut kayaknya, wkwkwk...#piis

      Delete
  6. Replies
    1. aku le nulis yo melu terharu njukan iki

      Delete
  7. menjawab tidak tahu untuk sekadar membesarkan hati bapaknya itu saja udah termasuk pekerjaan mulia, mas.
    hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, kepalsuan yang mberkahi...

      Delete
  8. Sesuk ditambahi bahasa Latine Enceng Gondok, dll. Ben tambah keren, Gus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, tansoyo abot ki anggonku le sandiwara

      Delete
  9. iso ndah ndoh to mas?
    baru ngeh kiyeh inyonge...

    Jebule sampeyane iso ndah ndoh...
    hahahhaaa....

    ReplyDelete
  10. Haha
    Ngomong-omong, kok fotonya mirip ya?

    ReplyDelete
  11. Mungkin begitu cara Bapak mengajarkan anaknya tentang kerendahan diri. Mula-mula Bapak menggiring anaknya ke nama ilmiahnya (padi), sebelum ke ranah filosofinya... Dengan maksud tak mau menggurui. Begitu. So, cintai Bapak seperti mencintai usus! hahahahaha *JustKidding

    ReplyDelete
    Replies
    1. wedian, dhuwur tenan nek iki...

      Delete
    2. hahahha wasu.. murid e caknun koyoke iki

      Delete
  12. buat perbendaharaan kata utk nama calon anak bagus lek, oryza sativa
    tapi sakjane malah wis ono sing jenenge ngono iku, wwong suroboyo nek gak salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... mending "Dewi Sri" mbangane "oryza sativa"

      Delete
  13. manfaate yo nyenengno bapakmu kuwi toh le

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan manfaate apal, nek nyenengke bapakku malah kudu ra apal...

      Delete
  14. Sampeyan itu lho mas sudah menyenangkan hati orang tua terkenal lagi, :)
    Lha sampeyan masuk tv itu bagaimana tanggapan Bapakmu, Gus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bapakku malah ketoke biasa wae je mas..

      Delete
  15. Wah infonya bermanfaat banget mas mulyadi... sebelumnya gak sampai terpikirkan hehe

    ReplyDelete
  16. sepertinya dimana mana orang tua kok kayak gini ya... maksude mungkin biar ada ilmu diwariskan gus :D

    ReplyDelete
  17. tuk warisan nama ilmiah padi to gus...(ilmu pencerahan lebih berharga daripada harta)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu nama ilmiah padi... jan sepele ya

      Delete
  18. Yen didadekno jeneng anak dadi"Princes Oryza Sativa" jeneng jowone berarti "Dewi Sri"

    ReplyDelete
    Replies
    1. sing penting ojo Princess Syahrini..

      Delete
    2. Loh Princess Syahrini ngopo Mas Agus?

      Ayu loh si Prin2 kui hheheheheh.

      Delete
  19. Replies
    1. wkwkkwkwkwkwkwwkk, saya baca sitik wae wis pingkel2 wkwkwkkwkw

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Mantap mas, kalo jagung Zea Mays ya...Salut buat mas agus

    ReplyDelete
  22. berguna bgt klo ikut kuit Wants to be millionarie ad last question nama ilmiah padi..

    ReplyDelete
  23. Yo sing sabar ae Mas Agus,masih Apik panjenengan masih ono Bapak, aku wis ra nono (Loh kok Jadi Curhat).

    Lucu artikelmu Mas Agus hahahaha

    ReplyDelete
  24. met knal mas gus,sampean memang patut jadi tauladan,, he he.

    ReplyDelete
  25. Flamboyan tenan bapake njenengan. salam kagem bapak, semoga selalu sehat plus afiat

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini

Tambahkan saya di Google+

 
Copyright © 2010 Agus Mulyadi Blog , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger