Gara-gara jasa edit foto bareng Member JKT48

| Wednesday, 6 November 2013 |

Saya jadi geli sendiri kalau membayangkan jalan rejeki yang satu ini, betapa tidak, rejeki yang saya dapat ini adalah hasil dari jasa edit foto bareng member JKT48 (yang oleh para Fans-nya lebih akrab dipanggil Oshi).

Berawal dari iseng mengedit foto bareng artis yang kemudian saya upload di facebook, kemudian banyak kawan-kawan yang minta untuk dieditkan foto serupa, foto bersebelahan dengan artis. Saya pun dengan halus menolaknya, karena memang dari awal, edit foto ini hanya untuk seneng-seneng (padahal alasan utamanya karena biasanya kalau temen sendiri ogah bayar, hehehe).

Hingga pada akhirnya, ada seorang kawan yang ngotot ingin minta dieditkan fotonya bersebelahan dengan salah satu member JKT 48, dia ngotot banget, sampai beberapa kali nge-chat dan maksa, dia bahkan sampai menjanjikan akan mentraktir saya makan bila saya mau mengeditkan fotonya bersama member JKT 48 yang menjadi idolanya. Setelah beberapa kali saya selalu berkata "Tidak", akhirnya saya luluh juga, saya langsung mengeditkan fotonya bersebelahan dengan artis idola-nya. begitu selesai, dia nampak senang dan puas, bahkan foto hasil editan saya itu langsung dia jadikan sebagai foto profil di facebook maupun twitter.

Dari situ saya sadar, ternyata banyak juga orang yang pengin narsis dengan foto bareng idola kendatipun belum tercapai, saya sadar, bahwa di balik foto editan itu, ada peluang untuk menangguk uang. Dari situlah saya kemudian memberanikan diri membuka jasa edit foto bareng artis. Saya membuat iklan gambar yang saya beri tajuk, "Jasa Edit Foro bareng Oshi".



Dan alhamdulillah, ternyata jasa yang saya tawarkan laris manis bak kacang goreng. Banyak sekali yang minta dibuatkan foto editan. Hal ini karena iklan edit foto saya tersebar secara viral, dimana banyak facebooker atau tweeps yang mengangap iklan saya ini aneh, kocak, dan Ngenes, sehingga mereka men-share iklan saya, padahal dengan menshare iklan saya, secara tak sadar mereka telah ikut mempromosikan jasa edit foto saya.

Saking viralnya iklan yang saya tawarkan, entah bagaimana ceritanya, iklan saya bisa muncul di fanspage-nya Meme Comic Indonesia. dan juga 1cak.com, Bahkan beberapa waktu yang lalu sempet diretweet sama Panji Pragiwaksono.

Editan Buruk

Setelah iklan edit foto saya tersebar, langsung saja banyak yang add facebook saya dan mention twitter saya, rata-rata menyatakan kekaguman pada saya atas ide jasa edit foto ini. Banyak diantara mereka yang kemudian menyebut saya dengan sebutan "Master Photoshop", atau "Dewa Photoshop", atau apalah sebutan lainnya. Saya jadi merasa sangat sedikit besar kepala, karena jujur saya akui, saya belum se-Dewa atau se-master itu. Saya baru mau mengakui diri saya Master Photoshop kalau saya sudah bisa mengedit wajah saya menjadi setampan aktor FTV... hehehe #Fak. Lha wong sampai kini saja saya masih belum bisa mengedit tampang saya jadi agak mendingan kok, paling banter ya cuman ngilangin jerawat sama mutihin gigi. Bahkan, untuk sekedar menghilangkan ke-mrongos-an saya di Photoshop pun saya masih belum kuasa.

Agus Mulyadi Edit foto

Ilmu Photoshop saya masih cetek, saya hanya menguasai beberapa tool yang ada di Photoshop. Bahkan dalam proses pengeditannya, saya hanya mengandalkan clone stamp tool. Diluar itu hanya beberapa menu untuk mengatur saturasi dan komposisi warna agar warna dan pencahayaan foto pengorder bisa sesuai dengan foto sang Oshi.



Namun begitu, saya selalu berusaha untuk teliti dalam setiap pengerjaan. Itulah yang menjadi senjata saya dalam mengedit foto.

Dan alhamdulillah, walau saya selalu merasa bahwa editan saya masih banyak yang maksa, tapi para penonton dan pengorder di luar sana bilang bahwa editan saya sudah bagus dan halus. ya Matur suwun.

Tanggapan Negatif

Ada banyak sekali tanggapan yang muncul dengan jasa edit foto saya, banyak yang memberikan tanggapan bagus. Namun ada juga beberapa yang tanggapannya kurang mengenakkan. Tapi ah, namanya juga usaha, pasti ada saja yang ndak karep. Saya sih prinsipnya simpel, ini gambar editan cuman untuk konsumsi pribadi dan senang-senangan aja, hanya sebagai sarana eksis bagi penggemar yang menggemari idola-nya. Toh saya ndak bakalan mau menerima order editan yang posenya senonoh atau kurang ajar.

Agus Edit Foto

Agus Mulyadi Edit foto

Di Grup Meme Comic Indonesia (tempat iklan edit foto saya jadi salah satu materi), malah banyak member yang ngata-ngatain, tapi lebih banyak yang ngasih support dan dukungan.  Yang ngata-ngatain biasanya pake kata Jones alias Jomblo ngenes, Itu kan sakit hati banget, Okeee, saya memang jomblo, tapi ya tetep saja saya sakit hati kalau dikatain jomblo. Persis kaya maling yang tetep sakit hati dikatai maling walau dia sebenarnya memang maling. Ayolah mas mbak, bijaklah dikit, besok di alam kubur itu yang ditanyakan sama malaikat itu siapa Tuhanmu dan siapa Nabimu, bukan siapa gebetanmu. Jadi, masih adakah yang mempersoalkan ke-lajang-an saya?

Lebih sakit hati lagi pas ada yang ngatain gini "Ya ampun, itu nabilah foto sama ban serep ya?" Duh.. (dan parahnya, saya jadi maklum sama umpatan mereka begitu saya melihat cermin).

Menyisir Fans JKT48

Sebenarnya saya bisa saja menawarkan jasa saya ini ke khalayak dengan obyek editan artis idola manapun, tapi saya sadar, bahwa dalam dunia pemasaran (ciaelah), segmentasi khusus akan lebih laris. Atas dasar itulah, saya mencoba untuk khusus mempromosikan jasa edit foto ini khusus pada fans tertentu, dan yang saya pilih adalah Fans JKT 48. Kenapa JKT48? Tentu saja karena fans JKT48 adalah fans yang terkenal loyal dan militan, para Wota (sebutan untuk fans JKT48) biasanya rela merogoh kocek untuk bisa mengoleksi pernak-pernik yang berhubungan dengan JKT48.

Edit Foto JKT 48

Selain itu, saya pernah dengar kabar (entah benar atau tidak) bahwa di Teater JKT48, para wota dilarang berfoto bareng bersama Oshi (sebutan untuk member JKT48), oalah, Oshi-ne do pokil yo..

Nah, maka dari itulah saya konsen untuk menawarkan jasa edit ini kepada para fans JKT 48. Saya sebar foto promosi saya ke grup-grup dan fanspage yang berhubungan dengan JKT 48. Dan ternyata Jebrett, tak sampai satu jam sejak saya sebar iklan saya, langsung banyak order yang masuk.



Jadi jelas bukan bahwa sasaran bisnis edit foto pada fans JKT48 adalah jalan yang tepat, walaupun memang pada kenyatannya saya tak menolak jika ada klien saya (ciaelah, udah kaya pengacara saja) yang mau order edit foto bareng artis lain.



Saya sendiri sebenarnya bukan Wota atau fans berat JKT48, tapi harus saya akui, saya kagum berat dengan kecantikan dan kesintalan para member JKT48, dan saya juga ndak akan nolak kalau seumpama ada salah satu dari mereka yang mau menjadi pendamping hidup saya. #SarunganDhisik.

Orderan kini Membanjir

Semenjak tenar di Twitter dan Facebook, jumlah orderan saya kini melonjak hebat. Tepat saat saya menulis postingan ini, jumlah pemesan edit foto yang masuk ke inbox saya sudah mencapai puluhan. Ada yang minta dieditkan foto bareng member JKT48, ada pula yang minta dieditkan dengan artis lain, bahkan ada yang minta dieditkan foto bareng pak Presiden SBY atau Jokowi. Pokoknya beraneka ragam



Saking banyaknya jumlah orderan yang masuk, Saya sampai membatasi jumlah permintaan edit foto. Maklum, kalau mengerjakan orderan terlalu banyak, saya khawatir hasilnya justru akan kurang maksimal dan bisa mengecewakan si pengorder.

Agus Mulyadi

Agus Mulyadi Edit foto

Agus Mulyadi Edit foto

Oh ya, berikut adalah tampilan beberapa dari sekian banyak sms yang masuk bertubi-tubi ke inbox hape saya untuk order jasa edit foto bareng Oshi, ternyata banyak juga ya pria-pria Jones, yang pengin narsis dan eksis (Nomor hape saya samarkan demi menjaga privasi pengorder).



Nah, Jadi kalau ada yang mau order edit foto bareng artis, silahkan sabar dulu ya, ngantri.Hehe





Update Penting, mohon dibaca : 

Setelah mempertimbangkan baik dan buruknya jasa edit foto ini (terutama menyangkut hak cipta foto), maka per hari ini, 7 November 2013, saya memutuskan bahwa saya tidak lagi melayani jasa edit mengedit foto. Mohon maaf untuk yang belum sempet. Untuk pengorder yang sudah kadung mengontak dan mengirimkan foto ke email, Insya Alloh masih akan tetap saya editkan, gratis (tapi yo ora nolak)

Maturusuwun untuk para ahli dan praktisi Fotografi atas koreksi dan masukannya. Semoga menjadi pembelajaran yang baik untuk kita semua.

Berita serupa bisa dilihat juga di Link berikut ini
Heboh pria buka jasa edit foto bareng artis
Tukang edit foto bareng artis disebut jomblo ngenes
5 Cerita bisnis edit foto bareng artis ala Gus Mul
Takut Dibui, Agus Mulyadi berhenti jadi tukang edit foto artis
Jasa manipulasi foto dengan artis idola
Cerita Agus Si Tukang Edit Foto Bareng JKT48
Agus Mulyadi Si Pengedit Foto Artis




Buku Agus Mulyadi

337 comments :

  1. ahahahaha keren - keren.....
    sumpah bhro Ane kagum banget ma Ente,
    ane mesti belajar ma Ente nih, asli alus banget itu
    ane aja sempat ketipu berapa kali tadi wkwkwkw
    asek asek, bisa jadi peluang bisnis nih
    smoga lancar terus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kang... semoga bisa terus bikin dapur mengepul, hehehe

      Delete
    2. ENTE KEREN BENER EDITANYA Gua Jugga MAU NIH

      Bayar BERAPA
      Gua MINAT CHAT Fb gua sadambekasii@ymail.com

      Delete
    3. Sebenarnya skill photoshop anda biasa saja, tapi anda pandai mengambil niche yg pas.

      Delete
    4. orang yg jago photoshopnya kyk ente, mendingan tawarin jasa photoshop ke anak2 jurusan arsitektur. Mereka butuh tuh.

      Delete
    5. kaga ush dngerin omongn yg negatif bro...hajar aj...kreativitas no 1

      Delete
  2. gus, itu foto sms yang ada no hp pelangganmu mending diedit disembunyikan no nya. biar njaga privasi orang dan lebih profesional.
    btw kok rung ono traktiran ki piye jal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiyo kang.. lali.. hoo, saiki wis tak edit, nomo\er hapene wis tak tutup....

      Delete
    2. yang gambar pertama belum di tutup gan, coba cek lagi :)

      Delete
    3. masih ada yang belum ketutup tuh di kanan

      Delete
  3. keren dah,,.semoga rezekinya lancar mas :)

    ReplyDelete
  4. Nama rejeki, di coba-coba ternyata alhamdulillah ya mas hasilnya,
    sukses mas agus,,, :D
    selamat berpacaran dengan Photoshop :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha
      gile rejekinya tu
      ia ia pacarannya sama photoshop aja mas
      kayak ane
      hhiihihih

      Delete
  5. Anda Keren Sekali Bang..
    Halus banget tuh ,, meski agak maksa juga dikit :D
    Tetap Berusaha Bang..

    Namanya Rejeki Datangnya Tidak Disangka :)

    ReplyDelete
  6. Wkwkwkwkw. .
    Sesuuuk fotoku sama nicholas saputra di editke ya, Mas.
    Tapi aku gak mau bayaar. :P

    Oya, sampai ketemu di BN. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jo Lali macak sing ayu lho mbak... wkwkwkw

      Delete
  7. Mantap, yang saya salut adalah cara berbisnisnya, karena skill kaya gini sebenernya banyak kok yang bisa. tapi yang kepikiran peluang bisnis ini? rasanya baru Mas Mulyadi. Mantap Gan!

    ReplyDelete
  8. Hahha kreatif2, lanjutkann!!

    ReplyDelete
  9. wah bisa kena undang2 hak cipta nih

    ReplyDelete
  10. Bukan ingin menakuti atau membuat bro down.

    Tapi hati-hati, bro bisa kena masalah hukum, walaupun menurut bro hal ini sepele.

    Karena orang yg bro edit (artis/aktor) bisa menuntut anda (Pidana/Perdata), karena menggunakan Image/Picture mereka tanpa IZIN / menfitnah dengan gambar (walaupun menurut bro ini masalah sepele hanya gambar).

    Apabila kena Hukum Perdata, tentunya anda harus membayar ratusan hingga milyaran rupiah sebagai ganti rugi.
    Apabila kena Pidana, tentunya anda akan mendekam ke penjara selama beberapa tahun.

    Inilah salah satu alasan mengapa Master Photoshop tidak pernah melakukan usaha seperti ini, tetapi langsung bekerja pada perusahaan design/ sejenisnya. Ato membuat usaha sendiri dibagian editing foto/ image. Matur nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, matursuwun sekali atas masukannya... sekarang saya jadi tau banyak, dan tidak lagi menerima jasa dit foto...

      Delete
    2. kebanyakan teori... hajar terus mas

      Delete
    3. lebay bgt tuh artis klw sampai nuntut, kan editannya gak berbau pornografi atau sejenisnya :P

      Delete
    4. Bukan seperti itu pasal itu berjalan... Kalo sperti yang disebutkan di atas, tentu akan banyak sekali para pengupload gambar artis di web/blog/FB akan kena pasal tersebut... Karena hampir 80 persen pengguna web tidak pernah ijin mengupload gambar orang lain..
      Apa yang Agus lakukan adalah terang2 an melakukan editing, artinya tidak menyebarkan berita palsu(fitnah), karena semua orang tau foto itu hanya hasil editing...
      Ku kira ini hal2 yang sah2 saja selama editing tidak berbau porno & SARA, dan yang lebih penting lagi, hasil editing berfungsi sebagai koleksi pribadi si pemesan... Hal seperti ini banyak dilakukan oleh para editor, ataupun pengguna web... tidak perlu khawatir..

      Delete
  11. Hihihi...lucu neh...jd kepingin di editin jg sama agan ini,,,

    ReplyDelete
  12. juaraaaaaaaaaaaaa.... bagi yang nenteng kamera SLR kemana2 gak usak banyak komentarlah, kebanyakan teori malah.POI , tapi kebanyakan cuma PO.... Interesnya belakangan aja lah wkwkkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  13. haha. yakin, istilah yg benar adalah EDIT Foto?
    -memanipulasi atau membuat Montase-, lebih tepat.
    Edit itu memilih, dan menimbang apakah suatu foto layak naik atau tepat atau tidak untuk mereprentasikan suatu cerita, etc etc.
    Editor foto adalah seperti Redaktur berita.
    -IMO

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga bahasa mudahnya bro,, bahasa sehari2 yang orang ngerti,, iya ente lebih ngerti daripada orang lain,, tapi setidaknya ente juga ngerti kebanyakan orang tau hal seperti itu namanya edit foto, sama saja tugas editor juga memperbaiki / meneliti hal2 yang belum pas..

      Delete
    2. Bebe...ente sekolah dimana gan...? tau arti kata edit gak.... pengertian edit itu gak sesempit yg ente jabarkan diatas... yg dilakuin nih orang jg termasuk editing... jgn selalu mengartikan sesuatu dari kacamata profesional doank... lah belum tentu ente seorang yg pro...
      lanjutkan usahanye mbah agus kalo dibilang melanggar hukum bisa bisa 70% pengguna sosmed terancam pidana.
      Jangan2 ntar patung monyet di fb ane jg nuntut gw nih...!!!

      Delete
  14. Gw kasih cermin biar lihat muka baru tau rasa bro
    kasihan mereka yang kena edit
    pasti terguncang batinnya, di edit sama siluman
    kalau pengen nunjukin photoshopnya
    sama omas atau habib rizieq atau siapa kek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw yakin ini yang nulis juga gak kalah jelek :)) paling gak sifatnya yang jelek :))

      Delete
    2. betul banget, dasar norak tu orang,iri tanda tak mampu coy, ke laut aja lo, moron!

      Delete
    3. Kalau orang koment miring berarti orang itu iri...wkwkwkwkwkwk, kalau saya sah-sah saja..kok...wkwkwkwkwk

      Delete
    4. orang terlahir jelek ada alasanya jangan mencela hasil kerja tuhan bro...komen lu seakan meninggikan derajad lu dan orang yang lu sukain aja,dengan merandakan mahluk lain....uff dasar bocah

      Delete
    5. klo masalah jelek Axl Rose yg dulunya Ganteng aja sekarang Jelek, Ganteng Jelek itu ada waktunya bro, Tp kreatifitas gak akan berhenti sampe Mati...Gak tau Seni dia Bro..jgn dianggep bro..sesama Penggemar desain Gw saranin Terus Berkarya

      Delete
  15. Hebat.... Apapun itu, kalau diseriusin, bisa sukses yah? :)

    ReplyDelete
  16. terlepas dari ente master sotopop. saran ane, jangan bisniskan bakat ente yg satu ini, krn duit bisa bawa masalah, hehe.. btw pernah denger Agan Harahap di foto metallica-nya? http://melmanandthehippo.blogspot.com/2013/08/metallica-kebon-kosong-kemayoran-2013.html

    ReplyDelete
  17. Agan Harahap emang sengaja edit broo,, biar seakan2 yg baca beneran percaya
    ne karya yg lain http://www.flickr.com/photos/31199746@N02/

    ReplyDelete
  18. wekeke, ada2 aja nih.
    wah ternyata gak buka jasa manipulasi foto ya bang,
    semoga dibukain jalan rejeki yang lebih halal yo.

    ReplyDelete
  19. Olah digitalnya alus banget mas. Nyeni :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, alus pisan euy. hihihiiii

      Delete
  20. Wah, kreatifpreneur nih :D. Boleh juga idenya. Lumayan bisa buat promosi blog :D

    ReplyDelete
  21. Rezeki memang bisa datang dari mana saja ya? lanjutkan Mas. hehehe

    ReplyDelete
  22. Wahahaaa... Mantab mas bro...
    Ide kreatip. Sip...

    ReplyDelete
  23. Keren mas... saya pertama skeptis sama mas, kirain cuma "fans ababil" yang pengen foto sama idola, trus dengan "putus harapan" malah asal2an ngedit.

    tapi saya liat blog mas ini sama usaha mas Gus buat (blogger, desain, dll)
    sungguh saya salut mas...bener2 membuktikan kalo bakat itu lebih dominan daripada software.

    maju terus mas, saya dukung. :D

    ReplyDelete
  24. Wa bukan orang narsis, dan wa bukan wota. Tapi wa suka tanggapan elu yg bilang "ini cuman konsumsi pribadi". Secara ngga langsung itu udah mayan buat mbales komen negatif2 eheh.

    Dan wa salut juga ama post ini yg kesannya netral dan ngga ada unsur offensifnya :D

    lanjutkan vroh

    ReplyDelete
  25. sebenarnya sah sah saja dalam hal editing foto
    hanya saja, foto yang anda edit pastinya bertuan alias milik hak fotografer. Masuk ranah hukum bisa bisa aja kalau dikasuskan, terkait dengan pelanggaran hak cipta. Tapi namanya indonesia, yang kaya begituan belum sekuat di negara-negara lain. Jadi kembali ke keetisan, etis ga sih saya ambil karya foto orang lain kemudian saya edit dan saya klaim foto saya? nah kira kira begitu gambarannya

    tapi untuk ke depannya, ini prospek menjanjikan lho
    modal foto sendiri plus bakat editing = duit

    best regard
    aluvimoto

    ReplyDelete
  26. keren gan. ane salut sama usaha ente. 1 1/2 jempol lah. kurang 1/2 jempol karena pake filter buat nutupin yg kurang2 hehehehe

    oh iya, kalo untuk usaha lucu2an dan seru2an, boleh lah. Kalo diduitin itu yang ga boleh. Karena... copyright dan sejenisnya... gitu lah.

    baidewai, usaha situ cukup pantes dikasih jempol. :D /jempol

    ReplyDelete
  27. wah.. dadi merasa bersalah ki aku... aku juga salah siji sing nyebarke promosine... :p

    @wonkboyolali

    ReplyDelete
  28. salut gan, gak usah peduliin orang ngomong apa, yg penting dapur ngepul! =)

    ReplyDelete
  29. dari editing simple gini aja bisa jadi duit... mantep dah!

    ReplyDelete
  30. hahaha.. mantep gan.. ganbate dahh.. moga sukses sama usahanya... salut w.. :D

    ReplyDelete
  31. Berawal dari iseng, berujung duit, keren gan!
    Tapi keren lagi ente bisa mempertimbangkan baik & buruknya. See U at design office soon (y)

    ReplyDelete
  32. Menurut gue sih satu2nya masalah, adalah bagi orang2 yg beneran foto bareng artis, jd gak dipercaya lagi , karena munculnya editor2 photoshop ini. Sisanya sih oke, ngeliat peluang bisnisnya jg keren banget, ane acungin jempol. Yg terakhir, ane jujur kagum banget sama kerapihan editannya (y)

    ReplyDelete
  33. Bikin video tutorial photoshop saja Mas Agus, dijual..
    Meskipun banyak tutorial bertebaran di internet, tapi ndak ada salahnya dicoba..
    Atau buka kursus photoshop bisa offline atau online...

    ReplyDelete
  34. bro .. itu main pcnya di atas atap plafon rumah ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya buat kamar sendiri di ruang kosong di bawah genteng, maklum, rumah saya sempit, jadi harus pinter2 ngatur ruangan...

      Delete
    2. Opo ra kemringet mas? puanass

      Delete
  35. bagus gan
    asal jangan sampai melenceng edit nya
    karena bisa di tuduh sebagai pencemaran nama baik
    contohnya ya orang minta edit pelukan dengan artis idolanya yang kebetulan pake baju seksi
    dan kalau sampai tersebar, hukum urusannya
    jadi berhati-hati

    usaha nya saya acungkan jempol
    asal msh sekedar edit edit foto biasa doank, ^^

    ReplyDelete
  36. wihhh, keren editanya broohh :D

    ReplyDelete
  37. waaahh sayang sekali ternyata ada yg tidak suka... editanya keren broo halus kyk makhluk halus sangking halusnya (guyon)...
    calm bro jika satu pintu rejeki tertutup pintu lainnya terbuka .. (belive it)

    ReplyDelete
  38. bakal jadi custumer ini kayaknya...ketrampilan seperti agan yang satu ini sangat dibutuhkan dan membantu banyak orang...

    ReplyDelete
  39. HHaha keren om ide jasa edit phoyonya

    ReplyDelete
  40. Hahahahahahaahhhhassssuuuuuu.. Jian ciamikkkkkkkk... Mantap jasaaaaa... Gan, ane mau di-editin sama poto situ dong. Cari yang paling ganteng yak. Buat nakut-nakutin tikus dirumah. Kalau poto ane doang kurang serem. Gratis yak... Kalau pun bayar, ane cuman ada goceng... Nguak nguak nguakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahin dong kang, masak cuman goceng, wajah saya itu berkelas lho, sensual... jadi paling nggak bisa nambah lah, hehehe

      Delete
  41. Mancing mania... keren bro mantepp editannye (sungkem) :v

    ReplyDelete
  42. Aplaus untuk anda.... ide kreatif itu munculnya jrang bro, kmbangin lagi bro Skill jngan berhnti hanya karna anda takut untuk maju lagi ^^9

    ReplyDelete
  43. mas agus mengingatkan saya akan dewa photoshop idola saya agan harahap, hehehe

    ReplyDelete
  44. saya paling suka bagian ini
    "Update Penting, mohon dibaca : "

    karena gimanapun juga klo kita menggunakan hasil karya orang lain dan mengubah sesuka kita agak gimana gtu, apalagi inikan untuk menghasilkan uang, sangat tidak etis menurut saya. tapi kalau hanya untuk pribadi atau teman yah boleh2 saja.

    ReplyDelete
  45. wow...motongnya yg ama andrea dian...rapi banget ni bang...teruskanlah...yg penting tetap hati"...karena setiap tindakan yang dilakukan...yg suka ada dan yg ga suka juga pasti banyk ....

    ReplyDelete
  46. salut + keren gan...

    tapi hati2 ntar artisnya ngambek lho....

    ReplyDelete
  47. keren omm.. tutor pliss (-/\-) hehe :D

    ReplyDelete
  48. gan, ane minta ijin buat ini artiket dimuat ke thread kaskus dari ID ane boleh gak ya? hehehe, tolong tanggapannya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, asal dicantumkan note bahwa saya sudah tidak menerima jasa edit foto lagi....

      Delete
  49. saya bangga dengan mu kawan.... hahahaha.... :D

    ReplyDelete
  50. Ngepul terus gan haha
    kalo untuk mata ane editan ente top lah rapih ga kaya foto croping tempel yang asal-asalan, kaya beneran foto sama si doi
    kembangin terus gan meskipun udah ga terima order yang penting tetep ngepul :D

    ReplyDelete
  51. mantebb mass...
    cakepp...
    lanjutkan mas..

    ReplyDelete
  52. Hahaha kereeeen. Jadi mengingatkan si Agan Harahap yang terkenal suka ngedit diri dia sendiri lagi clubbing bareng Rihanna ato nongkrong bareng ama vocalisnya Metallica.. Kalo gue bilang sih gak papalah kalo cuma buat iseng-iseng buat hiburan di blog. Selow aja buat berikutnya toh nanti juga akan ada ide seru lain untuk bisnisnya \m/

    www.tipsGraphDesign.com

    ReplyDelete
  53. Waduh, sayang banget gan kok berenti. Moga rejekinya tetap mengalir gan.

    ReplyDelete
  54. keren gan...ente memulai suatu usaha dr hal yg sepele...sukses!

    ReplyDelete
  55. wah mantep banget mas gan,,, kalo bisa kasih tutorial photosop nya dong,,,, atau gak bikin ebook nya biar nambah rejekinya gan, kalo udah bikin bilang ane yak hheheh

    ReplyDelete
  56. Mas itu namanya hobi membawa rejeki

    ReplyDelete
  57. masukan para komentatore patut kowe runguke lee, skil mu wis mantep, golek kerja sisan sin luwi jooss, rejekine sing lancar yoo

    ReplyDelete
  58. ga ada yang salah sama lu sebenernya, bahkan klo boleh jujur lu kreatif. Lu bisa liat peluang walaupun pada awalnya ga sengaja.

    Liat positif nya man! Lu nyari duit halal, dapet duit dari hal positif, ningkatin skill jg. Apa lagi?

    Tapi ya karena ini Indonesia, tempat dimana lu sebagai minoritas adalah salah jadi ya sayang aja pada ujung nya harus tutup. :(
    Kalo boleh saran mah lanjutin aja masbro selama masi di jalan yang bener mah, komentar negatif mah pasti bakalan ada cuma ya apa mereka jg ngasih lu duit? ngasih lu sesuatu yang berguna selain komentar? Kan ga jg..

    Good Luck! :)

    ReplyDelete
  59. bro agus, saya seorang desainer grafis, salut sama usahanya :). Dan pada dasarnya bakat ente ini bagus dan gak ada salahnya untuk bikin dapur ngebul, cuma seperti yang banyak disebutkan diatas, ada hukum hak cipta yang mengatur soal foto seseorang apalagi artis. Tapi jangan kecil hati trus gak terima editan atau manipulasi foto lagi, skillnya mbok diarahkan ke yang lain, masih banyak kok peluang lain yg bisa diambil dalam manipulasi foto yg bisa menghasilkan uang lebih besar. Dengan skill bro agus ini, bisa terus diasah untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, suatu hari akan ketemu ide lain untuk menyalurkan kemampuan ini. Nanti kalo tertarik mau sharing soal desain atau photoshop dan peluang untuk itu, silakan visit FB saya atau email saya. Tetep semangat mas bro!! :)

    ReplyDelete
  60. salut gan ma kreatifnya,
    i'm like your jobs,
    LANJUTKAN

    ReplyDelete
  61. agus mulyadi
    emang hebat :D top

    ReplyDelete
  62. Mas, Saya Mau Editin Foto Sama Bondan Prakoso And Fade2Black
    Bisa Gk ?
    Dan Pembayaran Via Apa ?
    Sms Saja Mas, 081252294914

    ReplyDelete
  63. Wah ane pernah liat di meme comic indonesia kirain boongan ternyata beneran abisnya lucu banget si *plak* haha... bercanda mas, moga aja mas ini menjadi editor yang sukses dan terus belajar nanti pasti mas jadi editor terkenal indonesia bisa masuk tipi juga hehe :D

    ReplyDelete
  64. mantab coy editan na,wkakakakak

    ReplyDelete
  65. yang paling atas tuh member jkt48 sapa ya ?

    ReplyDelete
  66. bisa buatin ane gan? pay30K pulsa x_x

    ReplyDelete
  67. Wow deh mas :D
    Boleh minta editkan foto saya mas ?
    Nanti saya bayar Plus Plus deh mas :D

    ReplyDelete
  68. nah kan udah ga ngadain lagi, coba share tutor nya dong kak ^^

    ReplyDelete
  69. gele keren bro

    ReplyDelete
  70. Wah, keren banget editannya ...
    Pengen donk, editin foto saya sama pak Jokowi ... :)

    ReplyDelete
  71. sangat polos dan kreatif. tetap semangat dan cari ide yg gila lagi mas.. :)

    ReplyDelete
  72. hasil PSnya mantep2 masbro...lanjutin aja,,,tapi beda objek, misal foto cowok-cewek yg pacaran tapi gk sempet foto bareng dimana gitu (biasanya sih PARIS),,kan lumayan :v

    ReplyDelete
  73. ngeditnya pake software opo mas? saya dari magelang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, Cuma pake Sampo kok *SambilBelaiRambut, hehe
      Pakai Photoshop mas... salam blogger Magelangan

      Delete
    2. kwkwkwk mbayangke bentukmu mas,,,

      Delete
  74. saya desainer grafis, dan kemampuan saya 1juta kali diatas anda hehe, tapi anda 1juta kali lebih kreatif dibanding saya, HEBAT!! masbro, lanjutkan ga usah takut, kasih harga mahal ya gpp hehe

    ReplyDelete
  75. Membahagiakan orang itu dapat pahala mas bro. Asal ga ada yang merasa dirugikan saya rasa gak papa. Hehe. Keep up the good work!!

    ReplyDelete
  76. gan .. FB ente apa ??
    biar ane add :D

    #Sriusan :D

    ReplyDelete
  77. Kirain hasil photoshopnya aja yang bagus, ternyata tulisan di blognya juga bagus. Walaupun udah berhenti menerima jasa edit foto bareng oshi, semoga dapurnya tetap ngebul ya mas.

    ReplyDelete
  78. bhahahahangkeee. gokil lu bro :D

    ReplyDelete
  79. top markotop.
    halus banget euy.

    ReplyDelete
  80. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  81. boleh nih ajarin saya skill photoshopnya wkwkkw

    ReplyDelete
  82. gilaaaa, keren banget mas agus.. target marketnya tepat sasaran.. hasil editnya juga udah 11 12 sm designer2 grafis & fotografer pro.
    kalo masalah hak cipta emang sih ya,, beberapa foto ada hak ciptanya yg ngga sembarang bisa di otak atik tanpa ijin, tapi coba deh, skill & bakat yg ada di arahin ke jalur yg lebih tepat, jd partner wedding photografer, edit foto prewedd misal,, foto2 gitu butuh sentuhan PS kek yg dimiliki mas agus lho (pengalaman repot editing foto prewedd)..

    jgn patah semangat mas,,

    ReplyDelete
  83. kerenn... super kreatif masbro... hahahaha.....

    ReplyDelete
  84. Jangan patah semangat mas bro, kalau ini ditutup skillnya bisa dipakai lainnya, super editannya ... jempol ...

    ReplyDelete
  85. coba skr ganti jasa edit bareng superhero / jadi superhero, sy rasa fans nya ga kalah banyak dgn fans jkt48

    ReplyDelete
  86. Mas Agus, coba cek karya2 seniman digital fotografi ini: http://www.behance.net/gallery/My-Celebrity-Friends/4705623

    ReplyDelete
  87. Eh ternyata ga dijalankan lagi bisnisnya gan?

    ReplyDelete
  88. Gus. ngene wae. jasa editmu tetep dilanjutin. gak usah kendo sama masalah hukum. hukum dilawan dengan hukum. misalnya, pelanggan yang mau diedit photonya harus bersedia ttd surat perjanjian (isinya gak ngerugiin kamu) diatas kertas kalo perlu materai 6000. pelanggan suruh scan tu suratnya trus dikirim ke kamu. tapi yo nek aku pribadi sih mending tak alihke keahlian kui kehal-hal sing ora kontroversial koyo ngedit poto uwong golek amane hahaha. tapi yo mbalik kediri kamu gus. salam sukses.

    ReplyDelete
  89. i'm designer + wota hha

    salute... for your mapping market area
    ...
    tulisan lau jg bagus broh...
    keep on creative...

    ReplyDelete
  90. Gw suka gaya editan lo ... jgn berhenti ... sayang punya kemampuan kl tdk trs diasah ... Lanjoet spt kata Ariel :-)

    ReplyDelete
  91. wah keren deh gan :D
    ane jg mau di editin poto2nya :D

    ReplyDelete
  92. Wah mas kalo misalnya udh ga buka jasa edit, jadi penulis blogger aja, tulisannya bagus dan enak dibaca

    ReplyDelete
  93. Potosopnya legal apa bajakan?

    ReplyDelete
  94. Hebat kontrol pencahayaannya.
    Posisinya juga tepat.

    Mantep, om.

    ReplyDelete
  95. hae bro. dibanding editan lo, gw lebih suka tulisan lo kayaknya. enak dan menarik untuk dibaca, susunan kalimatnya rapi dan pemilihan kata-kata yang gampang dicerna dan lucu. marketing lo juga oke, segmentingnya pas. besok-besok mungkin lo harus belajar ato dalemin nulis deh. gw dukung! hahahaha :thumbsup :thumbsup

    ReplyDelete
  96. waduh mantap nih photoshoper, mau dong dieditin sama jkt48

    ReplyDelete
  97. asik mas e keren.. salam soko suroboyo

    ReplyDelete
  98. Kalu saya tertarik sama tulisan anda Mas Agus, solnya mengalir seperti air. Anda bukan hanya cocok sebagai tukang edit foto hehe, tetapi juga bisa menjadi penulis yang baik....

    ReplyDelete
  99. mas saya salut ama mas, saya sangat mendukung mas.

    ReplyDelete
  100. wahai bro ingat skg sudah berlakunya UU IT, jd tafsirkanlah sendiri menurut pemikiran kalian masing???

    ReplyDelete
  101. Mantab, dan Kreatif, yang Penting Membuat Senang Di Hati masing2 Pemesan

    ReplyDelete
  102. keren keren.......bagaimana kalau.....buka jasa edit ijazah......bisa gak tuh?

    ReplyDelete
  103. ndak usah takut mas,lanjutin aja,ijin aja ke artisnya,mosok artis bayarannya puluhan juta kasih rejeki dikit 50 ribu ndak mau kasih ijin.......

    ReplyDelete
  104. ini gan kalo mau cari tambahan....lumayan buat dapur ngebul....

    http://99designs.com/

    Kontes desain gan...

    ReplyDelete
  105. yang kontra pasti BOCIL bos..
    lanjutkan berkarya....

    ReplyDelete
  106. salut nggak banyak manusia yg bisa mengerti kapan saautnya mulai dan kapan saatnya berhenti ,saran ane kembangin terus klo perlu nggak berhenti di photosop,bisa corel dll juga ikut kontes2 desain bisa nambah tantangan dan wawasan tanpa melanggar hukum den etika,klo aku orang arsitek saranin alterntif desain 3D (max dll)prospek,tu....

    ReplyDelete
  107. LOL Indonesian are awesome. Watch out for copyright violation, it's gonna be a pain later.

    ReplyDelete
  108. gue suka gaya lu bro, keren bisa halus gitu editannya, gw aja cuma bisa edit lewat ms paint hahaha
    eh editan yang paling bawah itu juga di tweet ndorokakung lo bro :))

    makasih

    ReplyDelete
  109. cool! pindah jadi jasa digital art aja, poster atau media lain. lebih legal (y) anyway, salut buat ketekunannya!

    ReplyDelete
  110. ga maslah broo bikin jasa edit sperti ini , untuk masalah hak cipta silahkan menghubungi pemilik foto terkait lalu membayarkan brapa persen dari hasil yang anda dapat ketika anda menggunakan foto tersebut ... :) jadi istilahnya situ bayar royalti ke pemilik foto it's fine2 aja ... :) dan mendapatkan izin atas perubahan pada gambar yang ente buat ... :)

    ReplyDelete
  111. Mas, tulisan sampeyan bagus. Enak dibaca. Kalau masalah hak cipta, bisa aja minta izin langsung ke artisnya atau pemilik toko.
    Atau ganti object, foto di tempat wisata kayak monas, effel, pegunungan salju, nunggang harimau dll, kira2x laku kagak ya..
    Kan banyak orang yg gak bisa ke luar negri tapi pengin bergaya juga hehehe...

    ReplyDelete
  112. Selain keahlian Photoshopnya, gaya tulisannya juga keren. Kayaknya keduanya bisa saling mendukung Mas ... Salut buat Anda.

    ReplyDelete
  113. Good posting-an om.
    circle me ya

    ReplyDelete
  114. Eh sopo ngerti sesok Oshi ngampiri kowe mas foto bareng nang Borobudur :))

    ReplyDelete
  115. keren aku sebagai pencinta photoshop sangat bangga

    ReplyDelete
  116. keren gan editannya (y). punya bakat harus di jadiin pluang gan. jangan disia siakan. ajarin ane dong gan. hehe :D

    ReplyDelete
  117. kalo menurut saya, selama sang potograper tidak mencantumkan nama(watermark) pada hasil karya(foto) nya ya itu sah2 aja,, apalagi foto2 yg tidak ber-watermark itu berkeliaran di gugel,, yaaa sah aja untuk di edit atau di klaim,,
    yang salah itu kalau foto nya udah jelas ada watermark nya tapi malah dihapus,, itu baru kasus dan san pengedit (bro agus) bisa dituntut,,
    CMIIW

    ReplyDelete
  118. manteb gus, di Indonesia memang musti jemput bola dan berani buat terobosan baru supaya menjadikan peluang bisnis, tp jangan berbau negatif ya gus.

    ReplyDelete
  119. Hahaha, acarane wong golek duit iku ancene onok ae...

    ReplyDelete
  120. gan... ane doain, ente kebeli kamera DSLR... biar jadi tukang foto beneran yang mantap juga photoshopnya...
    btw gan, ane juga dulu punya bisnis kayak ente di kampung ane, skrg ane punya beberapa DSLR dan beberapa karyawan...

    ReplyDelete
  121. is, keren....!!! kagum saya sama anda.. postingan dan editan foto sama-sama keren! anda luar biasaaah :)

    ReplyDelete
  122. Sampiyan saingan sama agan harahap mas, yg bikin editan foto bareng metallica..

    ReplyDelete
  123. keren, sampean megelange ngendi? Cedak salaman rak?

    ReplyDelete
  124. subhanallah mantap kamu gan, sukses terus :)

    ReplyDelete
  125. wahahaha keren bro semangat ya bro, dewa dewa emang biasanya rendah hati bro. suksess !
    hati-hati bro nanti kalo pernah foto bareng sama oshi malah dibilang editan loh :D

    ReplyDelete
  126. walaupun udah tutup orderan,, tapi saya doakan moga rezeki masih ngalir ya gan..

    ReplyDelete
  127. Wah, mantab kiye!
    Tapi kok ditutup bro?
    Semoga dapet rezeki dari jalur lain yang lebih berkah broo...

    ReplyDelete
  128. keren mas, pilihannya sudah tepat mending tutup saja karena bisa dituntuk melanngar hak cipta.... Insya Allah akan ada rejeki lain yg lebih baik. mas sudah terkenal tinggal tunggu lirikan saja dari media atau art studio yg lain.....salam mas.

    ReplyDelete
  129. gus gus...koplak banget koe...sule wae kalah...hee aku cah temanggung

    ReplyDelete
  130. Lu tu kreatif kang.. sayang banyak yg iri sama ke-kreatifan lu :( sukses terus di bidang yg lain yo kang (y)

    ReplyDelete
  131. kang . tak akui lo jauh lebih keren editingnya drpd gue .. sayang juga sih kl lo harus berhenti buka jasa itu .. dr awal gue lihat itu konsep lo keren kreatif sama lucu kang.. bahkan gue sempet kepikiran ambil jasa kaya lo . tapi gue hargain ide dr lo kang , dan berharap lo bakalan jadi master of editing besok .. hahahaha :D

    gue yakin nih bro , kl lo tetep lanjutin jasa ini lo someday bakalan masuk TV ky acara Hitam Putih noh . hahahahaha :D ..

    kl emang ide lo ada masalah sama hak cipta foto , lo cari ide lain bro yg sama-sama menguntungkan dan sesuai bidang lo kang.. semangat aja kang .. gue yakin lo BISA !!!

    Salam dari Reezky anak Ilmu Komunikasi UGM !

    ReplyDelete
  132. KREATIF BRO , MANTAB !!!

    ReplyDelete
  133. keren bro, yah sayang sekali gak dilanjutkan hehe

    ReplyDelete
  134. Lanjutkan!..jangan mundur karena cibiran orang

    ReplyDelete
  135. kreatip tenan koyok aku hahahahahaha. lanjut kan........

    ReplyDelete
  136. pendekar tidar, juara. mengundurkan diri saat berada di puncak ketenaran. Mugo2 barokah terus urip mu gus, saya belajar banyak dari sampean. Eh koncone sangnanang ya ? :) koncone pak gun juga berarti :)

    ReplyDelete
  137. mantap nih mas agus usaha banget. patut kita contoh.

    butuh tutorial photoshop bahasa indonesia ini mampir di inspirasi tu desain yuk

    ReplyDelete
  138. Tenang ae Gus Mul... walapun saiki wes de tutup Usaha edite secara tak langsung wes d pasarkan, sampean wis de kenal khayalak rame... bentar lg masuk TV aku yakin .. dan Cewe cewek pd ngejar kamu biar gak jones hehehee.. kamu tinggal pilih.. Edit jalan terus dan patok harga tinggi ..

    ReplyDelete
  139. hahhaa buka jasa desain aja gan, tapi yang nggak illegal :D

    ReplyDelete
  140. Mas, smpyn bisa gak bikin teks 3D ???
    Kalo bisa...
    Add saya di FB yah https://www.facebook.com/yoon4ddict.kamill4
    mksih

    ReplyDelete
  141. Siiipppp....kreatif mas Agus

    ReplyDelete
  142. bentar lagi di undang di hitam putih atau bukan empat mata ente gan mul :))

    ReplyDelete
  143. Hebat Mas Bro Gus Mul.. tinggal satu kritikan ane dari hasil editan agan.. kalau ane lihat dari hasil editannya masih terlalu kasar, mungkin berjalannya waktu agan bisa lebih mahir lagi.. good luck dan lanjutkan usahanya...

    ReplyDelete
  144. mingkem satus mase,,
    hahaha,, ojo nesu,, peace,, :D

    ReplyDelete
  145. Salut bro....

    Taat hukum itu lebih penting......

    http://ruangnulisnando.com

    ReplyDelete
  146. hehehe..
    Unik, kreatif dan keren gan..

    Jadi pengen dieditin bareng Oshi kesayangan ane nih. Sendi Ariani hahaha

    ReplyDelete
  147. terus berkarya mas dab , sing penting jogo kesehatan . by joyo endo

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini

Tambahkan saya di Google+

 
Copyright © 2010 Agus Mulyadi Blog , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger