Amarah bu Ani gara-gara @zhafirapsp

| Thursday, 16 January 2014 |

Untuk kesekian kalinya, Ibu negara kita meluapkan amarahnya di Instagram karena komentar miring terhadap foto yang dipajangnya di akun jejaring sosialnya tersebut.

Kali ini polemik bermula saat Bu Ani mengupload foto sang cucu bungsunya Airlangga ke Instagram. Foto yang diupload adalah foto Airlangga yang sedang memainkan piano mainan. Sebagai orang terkenal, tentu foto yang diupload ibu ani tersebut kebanjiran komentar.

Salah satu follower bu ani, @zhafirapsp, menulis komentar yang tak berhubungan dengan foto tersebut. Dalam komentarnya, Zafira menulis, "Di saat rakyatnya yang sedang kebanjiran, Ibu Ani malah sibuk dengan akun instagramnya :))"

Komentar @zhafirapsp ini pun lantas dibalas langsung oleh Ani. "@zhafirapsp Lho Ibu Jokowi dan Ibu Ahok ke mana ya? Koq saya yang dimarahi,".



Nah, balasan komentar Ibu Ani yang bernada kesal dan emosional inilah yang kemudian menjadi heboh di media.

Jujur saja, saya memang kurang setuju dengan apa yang disuarakan oleh pemilik akun @zhafirapsp, karena bagaimanapun juga, seorang Ibu negara tetaplah manusia sosial yang berhak menjalani rutinitas dan kegiatan biasa layaknya khalayak di luar tugas negara.

Terlebih lagi, dalam pemerintahan, setiap orang terlebih yang memiliki jabatan punya tugas dan tanggung jawabnya sendiri. Tentu tidak semua masalah harus diurus langsung oleh Presiden SBY tetapi bisa didelegasikan kepada pejabat yang menangani persoalan tersebut.

"Saya jengkel, Ada yang menulis, 'Ibu ini banjir kok main Instagram'. Kesal saya jadinya. Seolah (saya) tidak mengurusi banjir, hanya main-main Instagram saja," kata Bu Ani di sela-sela acara Rapat Paripurna Solidaritas Istri Kabinet Bersatu (Sikib) di Istana Negara, Kamis 16 Januari 2014.

Dalam pandangan saya, Bu Ani saya rasa memang pantas untuk jengkel. Sayapun mungkin juga demikian kalau ada di posisi Bu Ani (kawini aku pak Beye, kawini aku). Jika kelak istri saya jadi Presiden (Halah gus..) dan saya dituduh malah sibuk ngeblog tanpa mengurusi masalah banjir, maka saya mungkin akan lebih marah dari Bu Ani saat ini.

Tapi bagaimanapun juga, Bu Ani juga salah. Karena terlalu mengumbar amarah di jejaring sosial yang jelas merupakan media bebas akses. Tentu kurang pantas jika Bu Ani sebagai ibu negara yang seharusnya dijadikan banyak panutan malah ceplas-ceplos mengumbar emosi hanya karena masalah foto. Berkali-kali pula.

Marah sih boleh saja, namanya juga manusia toh, tapi mbok ya tau tempat. Jangan luapkan amarah di Instagram. Lebih baik luapkan saja amarah panjenengan sama Pak Beye, Yah, setidaknya kan bisa mewakili amarah jutaan rakyat Indonesia #eh..



Oh ya, Tak disangka, artikel ini ternyata masuk di Merdeka.com, dan dishare ulang oleh Yahoo Indonesia, jadi kemungkinan ada banyak pejabat terkait yang baca. Untuk keluarga dan kawan-kawan saya, jika saya kemudian hari menghilang mendadak dan tidak kembali, saya yakin kalian tahu harus cari siapa, hehe. Dan untuk bapak saya, jangan kaget kalau sewaktu-waktu KTP bapak mendadak ada label TAPOL-nya.




Buku Agus Mulyadi

110 comments :

  1. "Lebih baik luapkan saja amarah panjenengan sama Pak Beye," <-- setuju aku Gus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meh saiki po meh kapan le rek meluapkan? hehehe

      Delete
  2. Ngakak moco bagian iki "kawini aku pak Beye, kawini aku"... Gus gus....

    ReplyDelete
  3. Hahaha, idem sama yang di atas Gus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isone kok mung idem to mbak yu, mbok kolo-kolo ki nduwe dewe...

      Delete
  4. "kawini aku pak Beye, kawini aku" telek gus :)))

    ReplyDelete
  5. sing apik gambarmu nang ngisor kui gus :D

    ReplyDelete
  6. Owww AGUS TOW...

    Lanjutkan karyamu kawan
    Mungkin dengan gambar elit diatas sana bisa mendengar jeritan kaum marjinal dibawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wedian, Marjinal kok piye.. sangar.. hehehehe

      Delete
  7. Ya mungkin maksudnya zhafira tu sbg ibu negara mbok iya o py empati sedikit.
    Rakyatnya lg pada ketimpa musibah banjir, tanah longsor, gunung meletus lha kok malah sbg ibu negara masih sempet2 nya main instagram.
    Kaya remaja 4l4y aja apa2 di upload bu,,bu,,(tepok untune gus mul eh jidat ding)

    ReplyDelete
  8. tak uwek2 koe gus...............http://ekkopriyo73.typepad.com/blog/

    ReplyDelete
    Replies
    1. angger le nguwek-uwek rasane enak, aku siap mas...

      Delete
  9. Mas Agus kocak ih ending postingannya. x3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termasuk sad ending atau happy ending ya inih..

      Delete
  10. Wahhh ati ati gus...rung sido rabi diculik mengko haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sing rek nyulik ye melas ro aku dab...

      Delete
  11. Setuju Banget Karo Mas Agus hehehe ada lucunya juga

    ReplyDelete
  12. Bener banget om emang gak seharusnya emosionalnya di social media, gak pantes menurut saya

    ReplyDelete
  13. Baru gitu aja udah marah ya,,, gimana kalau ada kata2 yang lebih dari itu pasti......@%$@@&^%

    ReplyDelete
  14. ditunggu episode selanjutnya Gus :P

    ReplyDelete
  15. loh ibu agus kemana ? kok saya yang dimarahi :P

    ReplyDelete
  16. Gawe video nyocot maneh gus .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kakean nyocot ndak marai ra payu, hehehe

      Delete
  17. Wahahahaha... Marai ngekek terus nek moco blogmu iki Gus...
    Ngko nek ono sing methuk, siap-siapke bagor wae Gus...:))

    ReplyDelete
  18. haha, bu Ani memang berhak jengkel kak.

    ReplyDelete
  19. hahahaha lihat fotonya jadi tertawa terbahak bahak.. kreatif puooll

    mantab jaya

    ReplyDelete
  20. Menjadi tokoh ternama, kadang masyarakat lupa bahwa mereka juga manusia :v
    Sayangnya menjadi tokoh ternama tak boleh lupa mereka telah dipandang banyak mata, dan diharap jadi panutan sesama. :)

    Untuk para followersnya Ibu Ani, ya mbok jangan memangkas haknya Ibu sebagai seorang wanita yang sedang berbahagia bersama keluarganya, beliau juga butuh ruang untuk bebas dari urusan negara. Beliaukan juga manusia yang punya sisi individu (personal). Kalau hendak menyampaikan kritik atau saran untuk negara ya di forum yang memang dibuat dengan tujuan demikian. Nama akunnya beliau saja nama personal Aiyudhoyono :)
    Namun di sisi lain juga Ibu Ani jangan lupa di bionya tercantumkan "Akun resmi Ibu Negara Republik Indonesia. Semua foto adalah hasil bidikan Ibu Negara, kecuali foto-foto aktivitas dari Ibu Negara." berarti akun tersebut juga memunculkan sisi Ibu Negara pada sosok Ibu Ani, jadi ya diharapkan beliau lebih bisa elegan dalam menyampaikan ketidaksukaannya :)
    Jika tidak mau ribet sih, Ibu Ani buat akun baru saja. :D Stu atas nama Ibu Ani sendiri jadi itu memang memuat kehidupan Ibu ani sebagai seorang wanita yang memiliki keluarga, kebersamaan dengan keluarga atau hal hal indah tentang keluarga beliau. Satunya lagi atas nama Ibu NKRI, jadi akun bergilir begitu :) isinya nanti ya kehidupan sebagai seorang Ibu Negara tentunya :) dari misal menjadi delegasi atau mengikuti kegiatan kenegraan gitu :) Yah, hanya usul saja sih, saya hanya tidak suka ketika urusan personal dikaitkan dengan urusan sosial. Ibu Ani kan manusia juga :) Maaf jika kurang berkenan. :) Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. tp jangan lupa mba.. beliau itu menyandang ibu negara... "jabatan" itu tidak akan pernah lepas selama beliau menjadi istri presiden... saya rasa foolower tidak memangkas hak bu ani sebagai wanita.. cuman jawaban bu ani atas pertanyaan yg sdikit usil dan kritis itu terkesan emosional...mungkin saat menjawab pertanyaan, bu ani lupa bahwa beliau menyandang "jabatan" sebagai ibu negara... reaksi seseorang itu menunjukkan kedewasaan cara berpikir seseorang...

      Delete
    3. Benar sekali mbak, menjadi tokoh ternama sebenarnya merupakan sebuah tanggung jawab yang besar, karenanya sebagai tokoh ternama haruslah bersikap yang santun dan terkontrol, agar bisa menjadi panutan yang baik bagi orang-orang di sekitarnya

      Delete
  21. Jan jane ki aku bingung karo Bu Ani, kenopo Bu Jokowi karo Bu Ahok tok sing di sebut yo, padahal Manado juga kena banjir.
    Wah wah Bu Gubernur Manado kan juga pengen terkenal, disebut sebut ning IG ne Bu Ani :)))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuk nek ketemu njajal tak usulke mbak, sopo ngerti di Acc, hehe

      Delete
  22. yo jelas bu ahok ro bu joko lagi repot ngurusi banjir, makane ra sempat nggawe instagramm

    ReplyDelete
  23. Wah... siap-siap terkenal nih mas Agus. Hehehe.. blognya sampe dikutip merdeka.com. :)

    ReplyDelete
  24. Awas mas agus habis ini bu ani bakal ngacak-ngacak komen blog jenengan hihihi... kabur ah mboan melu diacak-acak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Bu Ani, pokoke aku bocahmu lho ya... Kan bapak'e njenengan biyen sing mbangun sekolahku...

      Delete
  25. Nang poto kui Merilyn Monroe-ne lagi nangdi Mas?:D

    ReplyDelete
  26. Sampai saat ini sampean opo masih bisa di temui, gus? Atau sudah di culik? Kasihan bapak mu, gus. hahahaha...

    ReplyDelete
  27. Ibunegara bukan ibu arisan. hrs bisa jadi ibu buat rakyatnya. sy sangat yakin,Ani jauh dr sifat itu. Ani terlahir kepenak, ga pernah hidup susah. Ora ilok kesana kemari bawa kamera. PD harus balik ke khittah, bersihkan dari keluarga Ani. PD adlh asset bangsa..

    ReplyDelete
  28. MAntep ki Gus.. Bloger Magelang jadi trending topik

    ReplyDelete
  29. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk...... ngakak aku gus moco tulisanmu neng foto... guyonanmu cerdassss......

    ReplyDelete
    Replies
    1. sing penting ojo lali anak bojo yo.. hehehehe

      Delete
  30. Saya baca juga di berita internet, bu Jokowi dan bu ahok gak punya akun di instagram, jadi mereka gak ada waktu buat marah-marah disana, wkwkwk..
    Mantap tulisanmu gus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seandainya marah-marah pun, kelihatannya ndak mungkin di instagram deh, hehehehe

      Delete
  31. pokoknya salut buat mas agus, kreasi gambarnya memang luar biasa. menurutku, nasehat itu boleh dari siapa saja. yang penting memang pas 'kadarnya'. lanjutkan perjuanganmu gus..

    ReplyDelete
  32. Sepertinya si agus dah diculik, dah gak ada suaranya ckckck

    ReplyDelete
  33. ketok2'e ket mau aku ra nemone komene si agus

    opo wes diculek (matane) ya? #Eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku Rapopo dab... seh aman sejahtera

      Delete
  34. Gus, gus, wis diculik durung awakmu :):):)

    ReplyDelete
  35. Nyuwun Sewu Gus, tulisanmu apik tenan. Piye kabare Gus ?

    ReplyDelete
  36. hahaha.mantapmas agus.tulisannya bagus.berbobot :)

    ReplyDelete
  37. Jelas wong edan kowe gus wakakakakakaka :) JOSS!!! (y)
    http://neohost.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman saiki ra edan ra mangan je kas...

      Delete
  38. gus lha sampeyan sido ilang mendadak tanpo kabar po ora? salam kenal yo gus mul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas..... Alhamdulilah, belum ada yang sudi menculik saya

      Delete
  39. ha ha. Artikelnya sangat menghibur. salam kenal yo mas gusMul... Joss||

    ReplyDelete
  40. Mas Agus, senang baca tulisannya yang lucu dan kritis. Boleh sesekali jawab komentarnya, biar tahu bahwa kita memang hidup di alam demokrasi sesungguhnya.
    Teman2 media seperti Merdeka, Yahoo, Detik yang telah mengangkat profil Agus ini saya harap terus memonitor "nasib" Agus, supaya sedikit banyak kekuatiran akan keselamatan Agus bisa dikurangi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, alhamdulillah, saya masih aman-aman saja kok mas, walau jarak rumah saya hanya sepelemparan batu dari Markas Akmil

      Delete
  41. He.he.he...tambah populer wae gus Mul

    ReplyDelete
  42. Insya Allah ga bakal diculik dan bapakmu nggak bakal dilabeli Tapol. hehe..

    Setuju pendapatmu, Bu Ani memang berhak kesel, sayang kenapa jadi nyeret2 Ibu Jokowi dan Ibu Ahok.. Jadi rame deh..

    ReplyDelete
  43. kamfreeeeet illustrasimu gus xDD
    yahh... aku yo setuju sama pendapatmu. sek komen ki yo selo banget wonge mesti. pekok. :))

    ReplyDelete
  44. Tenang Bro, orde sekarang bukan seperti orde sebelumnya. Yang pasti tulisan ini sangat menarik untuk disebarkan. Mohon ijin dulu yach... :-)

    ReplyDelete
  45. "kawini aku pak Beye, kawini aku"

    mbok kiro pak Beye cowok apaan gus gusss.....

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

      Delete
  47. Gus aku ngefens karo awakmu gus, kreatuf tenan. Salm kenal gus..editno fotoku karo awakmu gus ...

    ReplyDelete
  48. Arep ng ILANGNE ne sampean gampang Mas Agus (seng guanteng dewe sak jabalekat) ..... cukup lampune PLN di pateni, mesti sampean sing paling ra ketok dewe tinimbang liyane.... (anugerah Gusti Alloh Mode On)... wekekekekekek

    ReplyDelete
  49. bu ani mangkel yo enek tujuane mas. taktike podo karo cacak kuwi lho sing pengacara kae. aneh ae kan wong sekaliber bu ani komentare gak sedep ngunu.

    ngomong-ngomong aku termasuk ndukung usaha sampean sing ngedit-ngedit foto kae :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku jebul wis nduwe pendukung okeh tho.. cocok ki nek aku ndaftar Caleg

      Delete
  50. jangkriikk.. weruh fotomu lewat whatsapp tak pikir foto tenanan..pak karno karo pejuang peta

    ReplyDelete
  51. Ngakak baca blogmu dik Agus.... apalagi foto pak karno wkwkwkwk... tapi makin ngakak baca wejangan para komentator disini...
    haduh...siang2 bikin sakit peyuuuttt :)) abis ini bikin akun IG ya Gus, trus abis itu upload foto2 bersama pak karno

    ReplyDelete
  52. aku salut ro kwe gus, tulisanmu apik tur tepat sasaran. trutama "luapkan pd pak beye bu. stdaknya mewakili kemarahan rakyat indnsia"
    kui mantep tenan gus... masyarakat yg cuek ini butuh wong ky kwe seng kritis to ttp humoris...
    buat tmn2 smua, ttp pantau si agus ini krn bs jadi dia di anggap ancaman oleh para citrakers (org yg mata pencahariannya mencitrakan diri)

    ReplyDelete
  53. Gus... aku cuma bisa wakakakakakakakakaka....

    ReplyDelete
  54. sampun mirsani niki, Mas Gus?
    http://www.tempo.co/read/news/2014/01/21/219546859/Jubir-Istana-Diminta-Perbaiki-Komunikasi-Ani-SBY

    ReplyDelete
  55. Tulisan yg cerdas dan menggigit, enak dibaca dan perlu.
    -sik-sik, iki sajake tulisan opo tiwul-

    ReplyDelete
  56. hahaha....ngekek moco tulisanmu dab

    ReplyDelete
  57. fotone iku loh sing garai gak kuat mas :D

    ReplyDelete
  58. hedewwwwwwwwww namnya juga ubi-ubi eh ibu-ibu (kwalik gan) :v

    ReplyDelete
  59. Jempol buat Anda!
    Ilustrasinya gak nahan..

    ReplyDelete
  60. Hhhha.....kawini aq pak beye

    ReplyDelete
  61. Blokwalking gan.. jika berkenan di tunggu kunjungan balik nya ya ^_^
    thanks :)

    ReplyDelete
  62. Sekarang ibu ani udah pindah, besok kalo ibu jokowi gmana ya :v

    ReplyDelete
  63. Never heard of such a good post until finally I came upon this website Sanggarhost.com Web Hosting Gratis, Murah, Terbaik dan Berkualitas di Indonesia, so
    thrilled I did really want you to post again about Cara Setting ALT Text and tutorial program java bahasa indonesia Switch Case Pada Java right away and will probably come again in the near future.

    ReplyDelete
  64. Gus....waktu kamu ngobrol sama Bung Karno, selain cerita tentang Ibu Fatmawati, dia nyritain aku gak?

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini

Tambahkan saya di Google+

 
Copyright © 2010 Agus Mulyadi Blog , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger