Kawat Gigi, Rokok, dan Rasa Syukur

| Monday, 20 October 2014 |


Markopolo (jongkok di tengah, kaos hitam)

Sore itu, Saya, Markopolo, dan Duwek asyik bercengkerama sambil mabuk (saya ndak ikut mabuknya lho ya) di buk perempatan jalan dekat rumah saya. Yah, hitung-hitung menghabiskan sore hari sambil menunggu kawan-kawan lain pulang kerja.

Sambil ngobrol, Sesekali, Markopolo dan Duwek bergantian minum ciu dari botol aqua ukuran sedang yang sudah dihilangkan labelnya. Maklum, karena hanya dua orang, mabuknya pun tidak dibandari (dituang di gelas sloki dan diputar sesuai giliran minum), melainkan ditenggak langsung dari botolnya secara bergantian.

Entah bagaimana ceritanya, obrolan kami tiba-tiba menyasar tentang Aini, gadis tetangga desa yang baru saja pasang behel di giginya.

“Untu wis apik-apik, kok seh dikawat, warnane biru sisan, malah koyo pager kantor PLN!”, celoteh Markopolo.

“Haiyo, jan koyo kurang gawean, ha nek kowe gus, minat ra pasang kawat untuk koyo mono? Mbok menowo mrongosmu kelong sithik-sithik”, tanya Duwek pada saya.

“Ah, ra minat aku, wis teko ngene wae, rasah dikawat-kawat barang, teko narimo ing pandum wae tho, rasah aneh-aneh, mrongos yo mrongos”, jawab saya agak bangga dengan kemrongosan saya.

Sesaat, saya jadi takabur, saya merasa menjadi orang yang paling bersyukur di dunia.

“Bener gus, ra usah aneh-aneh pasang kawat untu, untumu ki kan wis dadi ciri khas, rasah diubah-ubah. Yo mbok menowo suk kowe mati nang ndalan lak polisine njuk gampang le ngidentifikasi, ra perlu main otopsi, cukup ndelok cocotmu!” kata Marcopolo sengak.

“Ndiasmu mlocot kuwi su!” umpat saya. Dan kami bertiga pun tertawa terbahak-bahak.

“Sek, tak nang warung dilit!”, kata saya seraya bangkit dari duduk dan melangkah ke warung mas Andri yang lokasinya hanya beberapa langkah dari tempat kami ngobrol.

“Gus, Signature loro gus!”, kata Marcopolo sambil memicingkan sebelah matanya dengan sangat genit, Signature merujuk pada salah satu varian rokok milik Gudang Garam: Gudang Garam Signature.

“Ha duite endi?”, tanya saya.

“Hayo melu kowe tho, ngono kok yo seh takon lho, ha nek aku nduwe duit ra bakal aku nembung ro kowe!”

“Asu, wegah, duitku meh entek, nek ra nduwe duit yo wis, rasah ngudud!”

“Lha dhewe ki nek omong-omongan ngene trus ra ono rokok’e ki jan njuk koyo wong padu je!”

“hahaha”, saya tertawa kecil, saya sudah hafal, ini siasat basa-basi Marcopolo kalau minta dibelikan rokok, basa-basi yang teramat garing kerontang, namun sering sukses membuat saya luluh. Saya pun melangkah ke warung dan membelikan dua batang rokok signature sesuai pesanan Marcopolo.

“Nyoh!”, kata saya sambil melemparkan dua batang rokok pesanan Marcopolo. “Le mbayar sesuk yo ra popo!”, kata saya menggoda Marcopolo. Yang digoda hanya nyengir nglegani.

Marcopolo pun langsung meraih satu batang rokoknya dan langsung menyalakannya.

Belum habis seperempat batang, tiba-tiba muncul mas Trimbil dengan mengendarai motor Astrea Grand kesayangannya. Mas Trimbil adalah seorang Dept Collector yang ngontrak di dekat rumah Marcopolo.

Mas Trimbil berhenti di dekat tempat Saya, Marcopolo, dan Duwek ngobrol

“Rokok ko?”, kata Mas Trimbil menawari Marcopolo rokok.

“Wah, rasah mas, matursuwun, ki wis nduwe rokok kok!”, kata Marcopolo sambil menujukkan rokoknya yang masih belum habis, mencoba menolak dengan halus pemberian rokok dari Mas Trimbil.

“Halah, iki, teko jupuk wae, turahan kok!”, kata mas trimbil memaksa sambil mengulungkan sebungkus rokok Dji Sam Soe kepada Marcopolo. “Jupuk kabeh wae!”, tambahnya.

Marcopolo rikuh, dan dengan agak sungkan, tapi mau bagaimana lagi, ia pun kemudian mengambil sebungkus rokok yang ditawarkan oleh Mas Trimbil. Saya tahu, dalam hati, sebenarnya Marcopolo girang bukan main karena diberi rokok oleh Mas trimbil ini. Hanya mungkin, Marcopolo masih punya gengsi yang agak mumpuni.

“Matursuwun lho mas, matursuwun!”

“Yo,” kata mas Trimbil singkat sambil berlalu.

Begitu dilihatnya mas Trimbil sudah cukup jauh dan dirasa cukup aman, Marcopolo langsung memeriksa bungkusan rokok yang ada di tangannya, dilihatnya dengan seksama. “Wah, jan lumayan tenan, isine seh akeh, mung gek kelong papat!”.

“Oalah, jan rejekine wong mabuk ki ono wae, Gusti Alloh ki cen apikan, wong mabukan we seh dikei rejeki rokok, isine meh sak bungkus sisan!” Kata Marcopolo.

Saya tercekat dengan kalimat Marcopolo, kali ini saya merasa menjadi orang yang paling tidak bersyukur di dunia.




Buku Agus Mulyadi

16 comments :

  1. jan leh guyon koyo koncoku merantau persis :v opo mergo podo seko magelange yo gus?? bahasane lo, kasar-kasar lucu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Magelang nangdi-nangdi jebul tep koyomono tho... :)

      Delete
  2. aya aya wae, moso wong mendem kuwi dikasih rejeki, la dikasih pemendek umur iya, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti memang perkara perspektif yo mas... hehehehe

      Delete
  3. “Oalah, jan rejekine wong mabuk ki ono wae, Gusti Alloh ki cen apikan, wong mabukan we seh dikei rejeki rokok, isine meh sak bungkus sisan!” Kata Markopolo.

    Omongan sing nggawe aku trenyuh lan eling....

    ReplyDelete
  4. Jeh usum mabuk an to Gus ngkono, ra ngefek yo berarti beritane korban 2 ciu kae!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha... ha berita korban meninggal karena ciu ki mung nggawe kapok mentok seminggu, bar kuwi yo umat meneh.. hehehe

      Delete
  5. Untung saya orang jawa, jadi "ngeh" apa yang sampean tulis, lain kali jangan kebanyakan pakai bahasa jawa, agak mengganngu yang gak mudheng bahasa jawa.
    Apalagi sampean udah "go international" Nggih Gus........?

    ReplyDelete
  6. Mas agus wonge lucu pintar plus sederhana lg. Aku Nton di nettv, jempol buat mas agus hehe

    ReplyDelete
  7. Peh, nang kono signature di keteng thoo. Wkwk

    ReplyDelete
  8. abok koe sisan mabok gus.. nganggo nutrisari

    ReplyDelete
  9. oh.. tiwas niat usul: mbok sampeyan nganggo kawat po mas- jebule pancen diniati bertahan apa adanya. Lha nek ngrejekeni nggih disyukuri mawon..

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini

Tambahkan saya di Google+

 
Copyright © 2010 Agus Mulyadi Blog , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger