Tagline Iklan Televisi di Bulan Ramadhan

| Friday, 19 June 2015 |

Televisi jadul

Salah satu parameter euforia bulan Ramadhan yang paling kentara adalah iklan-iklan televisi yang mendadak jadi lebih Islami. Mendadak jadi lebih alim dengan aneka konsep khas bulan suci. Tapi itu wajar lah. Namanya juga strategi pasar.

Saya mengamati, Selama bulan ramadhan, banyak iklan-iklan produk di televisi yang berusaha memasukan unsur Ramadhan (atau minimal unsur islami) ke dalam materi iklannya. Hal ini bisa kita lihat dengan cukup jelas melalui tagline iklan yang ditampilkan.

Iklan salah satu produk pasta gigi, misalnya, selama bulan Ramadhan, iklan yang tayang biasanya menggunakan tagline berbasis bulan puasa, contohnya "Jaga kesegaran mulut selama ramadhan". Ada juga iklan minuman isotonik, yang kerap menggunakan tagline "Menjaga cairan tubuh selama berpuasa". Kemudian iklan salah satu minuman bersoda, yang tagline-nya "Segarkan Ramadhanmu". Atau yang paling mainstream, iklan minuman suplemen, dengan tagline andalannya "tetap kuat beraktivitas di bulan suci".

Beberapa iklan tadi saya anggap cukup berhasil, karena memang materi iklan dan produknya ndilalah sangat kontekstual dengan Bulan Ramadhan.

Namun tak selamanya iklan produk di televisi materinya relevan dengan nuansa Ramadhan, beberapa malah sering terlihat terlalu maksa karena mencoba memasukan nuansa ramadhan ke dalam materi iklannya.

Iklan salah satu produk tablet misalnya, tagline yang digunakan adalah "Serunya berkah ramadhan, makin besar dengan layar besar", ini jelas wagu, memangnya apa hubungannya berkah ramadhan dengan ukuran layar gadget? Oke, Memang sih, dengan layar gadget yang besar, sampeyan bisa melihat twitpic jadwal imsak dengan ukuran yang lebih besar pula. Tapi mbok ya please, itu bukan kontekstual namanya. Itu namanya... ah, sudahlah

Tapi itu pun masih mending, karena ternyata, masih ada iklan yang lebih maksa lagi, yaitu iklan pembalut. Tagline-nya "Tetap kering dan lincah di bulan Ramadhan". Hadeuuuh.

Untunglah selama ini saya belum pernah melihat ada iklan kondom berkonsep ramadhan, karena kalau sampai ada, mungkin tagline yang digunakan adalah "Bermain aman di bulan penuh berkah".

*terbit pertama kali di kolom Kompas Ramadhan




Buku Agus Mulyadi

52 comments :

  1. Selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1436 H !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matursuwun mas Didik, semoga kita senantiasa mendapatkan berkah Ramadhan...

      Delete
  2. Hehehehe. Iklan terakhir kayaknya gak bakal ada. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai ada, bakal perang dunia ke 3... haha

      Delete
  3. tetap menggapai berkah, meskipun dalam kesendirian,,
    iklan kaum jomblo dibulan ramadhan gus, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kuwi jomblo sugih, wong ngasi kuat pasang iklan... hahaha

      Delete
  4. "Bermain aman di bulan penuh berkah".

    Tagline iklan yang manteb tenan. Akwkwkwk....

    ReplyDelete
  5. Siip kak Gus Mul. Saya itu ngefans sma smpyn. Mulai tau smpyn waktu dosen saya memutar video smpyn trus dikenaliln juga sama kak Didik saya cari di fb akhirnya ketemu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, mbakyu.... ternyata, gini-gini, ada juga tho yg ngefans sama saya...

      Delete
  6. Njengenan ngeten :jempol wiss..

    yo jenenge golek penglaris yo dipas2ke :)

    ReplyDelete
  7. Malah aku pernah baca tagline iklan kaya gini mas "Sambut bulan penuh berkah dengan menyediakan hewan qurban" kan idul adha masih jauh..sudahlah

    ReplyDelete
  8. Tetap bermain aman dan selamat menunaikan ibadah puasa Mas Agus...

    ReplyDelete
  9. "Bermain aman di bulan penuh berkah", tutukmu stem tenan gus :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha jaman saiki cen kudu stem je... wkwkwk

      Delete
  10. Saya termasuk yang suka sama iklan-iklan ramadhan. Tiap tahun nunggu iklan ramadhan yang paling bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, hoo mbak... nek pas ramadhan, iklan-iklannya pada kreatif, terutama iklan berseri-nya marjan sama iklan Gudang garam... hehe

      Delete
  11. selain iklan, adalagi yang kurang pas dihati saya, acara live pas waktunya orang tarawih. Opo mereka ndak pada tarawih ya mas?? :)

    Salam kenal mas Agus Mulyadi, saya sering kesini tapi kesulitan comment kalau pakai HP :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin mereka pakai pemeran pengganti mbak... berbaik sangka saja, hahahaha

      Delete
  12. Haha.. makin ganteng di bulan ramadhan mas kalo buat sabun muka mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nek kuwi sudah keterlaluan maksanya mas... wkwkwk

      Delete
  13. masih ada lagi mas mul..iklan yg modelnya bersambung..dr awal ramadhan dn the endny dihari raya..iklan syrup..pst pake modus continue..wekaweka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu malah cukup menarik mas, membuat banyak orang penasaran (dan jengkel juga), hehehe

      Delete
  14. Kui tagline-mu wes dipatenke rung, Gus? Sopo reti sesuk ono iklan kondong seng ngomong ngono. Mung ditambahi sitik dadi "Bermain aman dan nyaman di bulan penuh berkah".

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, hurung tak patenke je... ah, rapopolah, nek umpomo dibajak, yo idep-ideo ngamal ro perusahaan kondom

      Delete
  15. lagi ngebayangin iklan kondom bernuansa ramadhan.. haha

    ReplyDelete
  16. "Tetap gigih mencari jodoh di bulan Ramadhan", cocok juga lho Mz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuwi iklan biro jodoh pas ramadhan tepan... hahaha

      Delete
  17. Replies
    1. aku kangen tenan ro komentar iki.. kangen tenan

      Delete
  18. Replies
    1. welahh ono sek komen bidari ngendi iki yo gus,..
      kwkwkw mantab nan ajian mu .. :v

      Delete
  19. Mas, kulo diajari sopan kados sampeyan...

    ReplyDelete
  20. Selamat berpuasa "Semoga Bermain aman di bulan penuh berkah"

    ReplyDelete
  21. blog ini dapat top 10 blog indonesia, makanya saya langsung lihat.
    Salam. setelah di lihat-lihat anda pernah jadi bintang tamu nya di acara tukul. hebat mas bro, lanjut,,

    ReplyDelete
  22. Hahahahaha.. lucu banget sih masnya..

    ReplyDelete
  23. Ya betul lah lincah, lhawong kalo lagi dapat, alias pas pake pembalut kan memang tidak dianjurkan puasa, dilarang malah...jian mekso ping sewidak rolas tenan

    ReplyDelete
  24. baca yang terkahir itu bikin gue ngakak sendiri :D

    ReplyDelete
  25. Hahaha dua iklan terakhir bikin ngakak puoool.. Klimaks yang sempurna mas gus

    ReplyDelete
  26. ngabuburit bareng gusmul ndiaaa..!! :v

    ReplyDelete
  27. Coba kalo ada iklan makanan begini, "makan sekali kenyang seharian." mantap jualannya tuh...

    ReplyDelete
  28. yang bertentangan lagi adalah iklan mie instan,masa suruh sahur ama mie bisa kembung nih perut dan mulut mengkrenyut

    ReplyDelete
  29. Daftar dadi fans mu ya mas..lucu tenan sampeyan

    ReplyDelete
  30. Mantab dah, bulan ramadhan seolah ky bulan bancakan bgi pelaku bisnis. Justru yg bkin iklan tv meriah y oleh iklan2 gak nyambung nan absurd ini..

    Ramadhan mmng penuh berkah..

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini

Tambahkan saya di Google+

 
Copyright © 2010 Agus Mulyadi Blog , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger