Bung Karno, Blitar atau Surabaya?

| Friday, 5 June 2015 |

"Setiap kali saya berada di Blitar, kota kelahiran proklamator kita, bapak bangsa kita, penggali Pancasila, Bung Karno, hati saya selalu bergetar..."

Begitulah potongan pidato presiden Pak Jokowi pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Blitar, Jawa Timur tanggal 1 Juni 2015 lalu. Pidato tersebut sontak membuat polemik yang menghebohkan, karena Jokowi menyebut kota kelahiran Bung Karno adalah Blitar. Padahal yang benar adalah Surabaya

Sang Putra Fajar sejatinya memang lahir di Gang Pandean IV Nomor 40, Peneleh, Surabaya. Bukan di Blitar seperti yang disebutkan oleh Pak Jokowi. Kalaupun ada yang salah mengira bahwa Beliau lahir di Blitar, ya maklum saja, soalnya banyak buku pelajaran yang menulis begitu.

Tapi walau demikian, Saya tak ingin menyalahkan dan ikut-ikutan menghujat kesalahan Jokowi yang kesleo lidah dan kesleo pikir karena menyebut Blitar sebagai tempat kelahiran Bung Karno. Bukan, bukan karena saya mendukung Jokowi, tapi karena saya sadar, saya sendiri dulu pun begitu, mengira bahwa Blitar adalah kota kelahiran Bung Karno. Saya tahu kalau Bung Karno itu lahir di Surabaya juga baru beberapa tahun yang lalu, itupun setelah membaca blog-nya pak Roso Daras.

Nah, karena saya merasa punya salah paham yang sama, saya jadi ndak enak untuk ikut-ikutan menghujat pak Jokowi. Lagipula, Saya juga tak ingin menganggu persiapan hajatan nikahan anaknya.

Maka, sebagai rakyat biasa yang manutan, yang bisa saya lakukan hanyalah berbaik sangka, Mungkin saja Pak Jokowi sengaja salah menyebut Blitar sebagai tempat kelahiran Bung Karno, semata agar rakyat mampu bersikap kritis dan empiris. Mungkin saja lho ya, mungkin saja. Hehehe

Lagian jujur deh, sebenarnya selain Jokowi, banyak juga tho dari kalian yang taunya kalau Bung Karno itu lahir di Blitar? Bukan di Surabaya.

Alah, ngaku sajalah... jangan mendadak jadi sok historik dan sok "Jas Merah" gitu, ndak baik buat kesehatan.




Buku Agus Mulyadi

66 comments :

  1. Saya malahan nggak tau beliau lahir di kota apa??! Hahaha... *kaburrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah, jebul malah parah, hehehehe

      Delete
    2. Warga negara durhaka, hahaha...

      Delete
    3. salam kenal mas mul...hrsnya dek mul y??? soalny aq lbh tua cm tongkrongan emank lebh tua sampean.(hehe...sorry) hereuy. stlh kasus kelahiran pa Soekarno...trnyt br sadar nilai sejarah aq emank ancuur. tp wajar secara udh tua...nah yg muda?

      Delete
  2. selama ini saya juga mengiranya Pak Soekarni lahir di Blitar,, baru tahu kalo ternyata beliau lahir di Surabaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf typo.. *Pak Soekarno

      Delete
    2. emang ya "o" sama "i" deketan :kwkw

      Delete
    3. Kalo Sukarni, tokoh Pemuda yang ikut dalam penculikan Bung Karno dan Bung hatta ke rengasdengklok memang kelahiran Blitar. Tepatnya di desa Sumberdiren Kecamatan Garum kabupaten Blitar.

      Delete
  3. Aku yo gek ngerti wae lho, dab. Nek jokowi ra pidato ngono malah aku ra ngerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenaaanggg... Kamu tidak sendirian bung...

      Delete
    2. aku iyo, karena pak jokowi sekarang aku dapat pembenaran..terima kasih pak jok

      Delete
  4. Sing jelas Blitar maupun Surabaya sama-sama di Indonesia

    ReplyDelete
  5. Mhahahaha aku kira juga blitar mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, nah tho... banyak yg mulai ngaku :)

      Delete
  6. Lah terus ko sampai ada kota blitar niku peripun mas, apa tmpat makamnya..?
    #sek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoo, ndilalah dimakamkan di Blitar

      Delete
  7. sak retiku yo blitar,pas SD dikandani bu guru blitar :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha podo nek ngono.... biyen aku ngertine yo ngono, hehehe

      Delete
  8. Jika memang salah.. berarti ini bkn kslahan yang bru. Bearti sdh lma dri dlu2... krn bnyak jg yang taunya di kota Blitar.
    Mungkin ini hrus jdi PR buat kta smua, dan jg gru2 yang ngjar sejarah khsusunya. Untuk menggali lagi dimna Ir.Soekarno sebenarnya dilahirkan.

    ReplyDelete
  9. Sebenere sing podo ngenyeki jokowi bego dan lain2 ki yow asline ora paham.. malah ora ngerti blas tempat lahire soekarno ning ndi..
    Cuma mung asline wes sengit wae~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senjutuu, eh setinju... Loh, setuju! Aku malah baru ngerti iki loh, hahaha gubrak. Salah bakne nek ket biyen mikir e lair ning Blitar 😄😄

      Delete
  10. *eeaaa, lahir di mana tuh? ya di bidan, bukan di hati :v :v

    ReplyDelete
  11. Oo, asline Pak Soekarno lahir teng suroboyo tho. Tapi aku dikandani guru teng Blitar. Piye ki :v

    ReplyDelete
  12. Orang salah ya salah aja.Jokowi lagi apes akibat misinformed. Ga perlu lah berapologetik berteori kompleks macam macam.
    Jokowi loyo kita maki.Jokowi kerja kita semangati

    ReplyDelete
  13. Coba di cek di Kartu Kluarga nya aja......Gitu aja kok repor... hehheeee

    ReplyDelete
  14. Sama-sama Jawa Timurnya..... hehehe

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Selama ini saya gak tau beliau lahir di mana.... *umpetin KTP

    ReplyDelete
  17. Hahah lucu Mas, potoshopnya juga dewa banget ehhe

    ReplyDelete
  18. Yang jelas bukan di Bandung :)

    ReplyDelete
  19. Yang jelas bukan di Bandung :)

    ReplyDelete
  20. marilyn monroe ne kok dadi ganteng mas

    ReplyDelete
  21. Wah kurikulum kita kudu diperbaiki dong ya. Kalo masih ada buku pelajaran yang bilang BK lahir di Blitar ya harus ditarik.

    ReplyDelete
  22. saya tidak mendukung jokowi..
    masa sih???
    tapi saya lihat dipostingan anda yang ini: http://www.agusmulyadi.web.id/2014/06/mengapa-jokowi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbok ya dipahami kalimatnya, kalau sudah, baru komentar

      Bukan, bukan karena saya mendukung Jokowi, tapi karena saya sadar, saya sendiri dulu pun begitu, mengira bahwa Blitar adalah kota kelahiran Bung Karno

      Delete
  23. Tp gara2 kejadian ini, kita semua tau bahwa lahirnya di Surabaya. Ambil positif

    ReplyDelete
  24. Saya malah belum lihat pidato pak Jokowi. Dan ngga tilik bayi waktu Bung Karno lahir >_<

    ReplyDelete
  25. Ra usah bingung, yg punya bapak aja gak bingung kita malah bingung sendiri.

    ReplyDelete
  26. Lha, poster Pahlawan Nasional di SD saya dulu juga bilang Pak Karno lahir di Blitar. Pak Karno lho yaaa... bukan Pak Tarno

    ReplyDelete
  27. Sak elingku... pas jaman sekolah, yen mbahas Ir. Soekarno sing kerep disebut2 kota mBlitar, dudu Suroboyo. Dadi, karuan wae yen sing ono ning pikiran kuwi mBlitar. Lah, yen ngomong Suroboyo, sing kerep disebut kuwi peristiwa Pertempuran Surabaya tanggal 10 November, sing saiki dadi Hari Pahlawan. Ora heran yen Kota Suroboyo dijuluki Kota Pahlawan...

    ReplyDelete
  28. hwkwkwkwkwkwkwkw... setuju 100% sama sliramu, cak GusMul :)

    ReplyDelete
  29. Mas Agus, lha nek panjenengan lair teng pundi to?
    Halah, saben uwong yo ngerti, nek njenengan lair di Magelang...ha ha ha

    salam kenal Mas Agus. Saya tahu tulisan-tulisan Anda yang nylekit, nyleneh dan nyableng dari Mojok.co.
    (ojo nesu lho Mas)
    Awalnya penasaran dengan nama Agus Mulyadi yang hampir sama dengan nama tengah saya. Mbasan nyari-nyari ke sana kemari, jebul aktiv di sini tho...

    ReplyDelete
  30. tak kiro lahire yo neng blitar mas. Tapi aku jadi paham sekarang. Apa yang diucapkan terkadang berbeda apa yang tak diucapkan

    ReplyDelete
  31. aku juga baru tahu dan dari dulu di buku itu tertulis ya Blitar, jadi jangan salahkan siapa2 ya....

    ReplyDelete
  32. Speech writer harus teliti, Cak.
    Salam kompak dari Jombang

    ReplyDelete
  33. rupanya bung Karno lahir di rumah ya mas, bukan di rumah bersalin... :)

    ReplyDelete
  34. Sing penting jokowi ora salah...hahaa...

    ReplyDelete
  35. wkwkwk fotonya. salam kenal yak

    ReplyDelete
  36. Blitar kutho cilik sing kawentar..
    Blitar nyimpen layone bung Karno...
    ....
    sepenggal lagu berjudul Blitar

    ReplyDelete
  37. Bagus tulisannya...hehehehe, paling suka gaya tulisan dengan cara bertutur :)

    ReplyDelete
  38. Pas pelajaran kuwi mbiyen aku lagi neng WC dadi ra ngerti lair neng ngendi

    ReplyDelete
  39. Terserah Mau Blitar ato Surabaya Kang Agus, yang pasti BUKAN SALAH SAYA to?

    ReplyDelete
  40. nek delok berita neng tipi sek menyangkut hal kui jan mangkel tenan rasane mas Agus koyo koyo,o arep tak unchali GAMAN po GATHUL tipiku , giliran mberitake tentang cowok penginspirasi koyo sampean malah kur sak juk sak nyet :D

    ReplyDelete
  41. Hayo, yang benar lahir di Blitar atau Surabaya? Kalau menurutku sih, kalau bukan Blitar ya Surabaya, kalau bukan Surabaya ya Blitar. Saya juga gak paham :D

    ReplyDelete
  42. Mas Agus:"Pak,njenengan itu lahir keluar kaki apa kepala dulu?"
    Bung Karno:"Sing penting urip,kalau sampeyan keluarnya apa dulu?"

    ReplyDelete
  43. Pas sekolah biyen... Soekarno lahir di BLITAR

    ReplyDelete
  44. wah.. modar ki hahah.. paling lucu ki gambare hahah

    ReplyDelete
  45. Kok jare bapakku, Pak Karno iki lahirnya di Mojokerto Gus?

    ReplyDelete
  46. salut sama yang pake kaos loreng loreng,dari jaman bung karno, sampe jaman sekarang masih ganteng & awet muda ya.....hihihi

    ReplyDelete
  47. Sya baru tau kalau Sukarno lahir di Surabaya,

    ReplyDelete
  48. he..he.. yg jelas pak Karno bukan lahir di hatimu ya Om... he..he... saya suka gambar yg lagi nanya ama Pak karno...

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini

Tambahkan saya di Google+

 
Copyright © 2010 Agus Mulyadi Blog , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger