Agus Mulyadi Njaluk Rabi

Obrolan Sederhana di Kursi Belakang Ramayana

| Tuesday 23 October 2018 |



Dalam perjalanan pulang dari Semarang ke Magelang, saya sungguh beruntung duduk di kursi paling belakang bis Ramayana yang sudah tampak tua dan ringkih namun masih tetap bergas dan bertenaga itu.

Duduk di kursi paling belakang artinya siap mendengarkan banyak cerita dari sang kernet dan para penumpang yang juga sama-sama duduk di belakang.

Selain saya, ada tiga orang lain yang duduk di barisan kursi belakang. Di sebelah saya persis, seorang lelaki tua dengan potongan rambut yang sangat Broery Marantika. Di sebelahnya, seorang penjual gelang tolak bala yang belakangan memang sedang ngehits di kalangan anak-anak desa. Sedangkan di ujung, seorang lelaki pencari ikan petho (ikan wader cethul) yang naik dengan membawa sewadah penuh hasil tangkapannya.

Si bapak dengan potongan Broery bercerita panjang lebar tentang perjuangan masa lalunya saat ia masih gagah.

“Biyen, golek duit gampang banget,” ujarnya mantap. “Aku biyen usaha adol sepatu, aku kulakan sepatu neng Mustika, sak kodi mung selawe ewu, tak dol ijen, larise ora umum…”

Ceritanya begitu mengalir. Ia membanggakan masa mudanya yang hampir tak pernah menyusahkan keluarga karena selalu bisa mencari uang sendiri untuk biaya sekolah dan biaya hidupnya.

Si pencari petho tak kalah sangar, dengan bekal sewadah petho yang ia bawa, ia menceritakan bagaimana susahnya berjibaku bertarung melawan tantangan hidup yang semakin hari semakin tak masuk akal saja.

“Gaweanku ki mung sobo kalen, koyo cah cilik, kekeceh,” ujarnya sambil membetulkan topi bergambar logo Badan Pusat Statistik yang entah ia dapat dari mana.

“Nggolek petho saiki akeh ora mestine…”

“Lha opo biyen ki mesti?” Sahut si lelaki berpotongan Broery.

“Yo podo-podo ora mestine, Pak, tapi nek biyen hasile akeh.”

“Lha genah saiki awakmu oleh sak kranjang kebak, kok…”

“Biyen iso ngasi rong kranjang, Pak…”

Saya kemudian menengok wadah yang penuh dengan ikan petho yang ditaruh di bawah kursi di samping depan. Ingatan saya kemudian terlempar ke masa lalu. Bagi saya, petho adalah ikan yang tak pernah asing.

Dulu keluarga saya pernah menjadi pembuat dan pemasok peyek petho. Merek peyek buatan kami adalah Sami Remen. Peyek tersebut kami pasok di warung-warung sekitar rumah.

Saya sering diajak bapak untuk berkeliling untuk mencari petho. Dari sungai satu ke sungai yang lain, dari persawahan yang satu ke persawahan yang lain.

Menjaring, mengirig, menyeser, atau apalah itu istilahnya pernah menjadi aktivitas yang begitu saya sukai. Pulang sekolah, menunggu sore, kemudian siap “berpetualang” mencari ikan petho. Saya suka aktivitas tersebut, sebab selalu terbit kejutan dalam setiap seseran jaring yang diarahkan ke sungai.

Terkadang, bukan hanya ikan petho yang ikut terjaring, tapi juga ikan wader atau ikan sepat. Tapi pernah juga ular lareangon.

Si lelaki penjual gelanglah yang paling menarik minat saya. Bukan semata produk gelang yang ia jajakan, namun juga cerita tentang bagaimana ia membuat gelang tersebut.

Gelang tolak bala atau gelang sambetan yang ia jual adalah berupa gelang yang isinya berupa empon-empon seperti dlingo, bengle, padi, kayu angin, dll. Dulu orang-orang tua menggunakan empon-empon ini untuk melindungi bayi dari sawan atau bala.

“Dino iki aku nggowo 400, saiki mung gari 75,” katanya mantap sambil sumringah.

“Wah, mantep nek ngono,” balas Broery KW 2.

“Iki aku nggawe dhewe, direwangi bojoku. Aku nglembur ngasi jam telu, bar kuwi turu dilit, esuk langsung mangkat ider…”

Saya selalu takjub mendengar cerita-cerita tentang perjuangan menyambung hidup seperti ini. Selalu timbul harapan-harapan kecil, kebahagiaan, dan rasa syukur dari setiap kisah-kisah tersebut.

Saya kemudian merasa begitu kecil di hadapan lelaki-lelaki di samping saya ini. Perjuangan mereka nyata. Sedangkan perjuangan saya, terlalu kecil. Saya lelaki pemalas yang beruntung karena bisa mendapatkan uang dari menulis.

Mendengar cerita tiga lelaki tentang perjuangan hidup mereka, saya merasa betapa Tuhan sangat welas asih pada saya.

Saya kemudian reflek membuka tas saya, saya intip isinya. Tampak di sana satu amplop kecil berwarna putih. Isinya honor saya mengisi seminar menulis. Nilainya lumayan. Padahal saya hanya ngomong tak sampai dua jam. Saya pun tak yakin apa yang sampaikan itu ada manfaatnya atau tidak. Yang saya tahu, saya dibayar terlalu tinggi untuk banyak pekerjaan-pekerjaan saya.

“Urip ki pancen isine mung syukur,” kata kernet membuyarkan perenungan saya. “Aku ki wis sepuluh tahun kerjone mung nggandul terus, yo teko disyukuri wae…” ujarnya.

“Wah, mantep, teko ditlateni, dilit meneh ngungkuli tarzan…” timpal Broery.

Bis terus melaju dengan kecepatan yang menyenangkan. Angin yang menerpa tubuh saya melalui pintu belakang begitu menyejukkan saya yang sejak tadi kepanasan terbakar matahari Semarang.

“Nah, kuwi, Le, nek pengin njabutke untu, neng kono kuwi, cepet tur gratis” kata Kernet pada saya seraya menunjuk Markas Brimob Polda Jateng.

Saya tertawa terbahak-bahak. Tak berselang lama, saya kemudian tertidur.




Sawer blog ini

11 comments :

  1. Ncen koe sabaran, Gus. Numpak bus Semarang - Jogja seng ekonomi kui suwi banget tur akeh mandek e. Hahahahhah

    ReplyDelete
  2. Mas Gus Mus.. Saya suka baca blog ini, walo belakangan sudah agak jarang :| Tapi saya tidak mengerti dengan bahasa daerah yg ada disana, saya orang sumatera. Saran saya bagusnya juga ada terjemahannya Mas. Makasih mas, sukses terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru sadar nulisnya Gus Mus, Mas Gus Mul maksud saya

      Delete
  3. dadi melu ngguyu aku, hehe...

    ReplyDelete
  4. ya saya juga suka, cuma gak gitu ngerti bahasa daerahnya..
    mampir di blog kita ya: http://jokermovie.club

    ReplyDelete
  5. Iki persis pas aku Bali Seko Solo. Numpak bis solo Semarang. Obrolan di bis memberi banyak pelajaran Urip. Kejadian di sepanjang jalan Yo hok o.
    Mugo² misal aku ketemu kernet e rung dadi Tarzan..

    ReplyDelete
  6. saya nonton acara ini talk show ada mas agus mulyadi, Tika Bravani dan Rinni Wulandari. mas agus lucu he he he. sekalian mampir di blognya mas agus. blognya bagus

    ReplyDelete
  7. tulisnnya membawa kenangan masa dulu, keren mengalir begitu saja

    salam admin
    jasa backdrop jakarta

    ReplyDelete
  8. Tulisan ini lucu, berbobot tapi ringan dibaca untuk orang sepertiku. Tak berbelit dan sungguh2 mudah dicerna. Suwun

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini
 
Copyright © 2010 Blog Agus Mulyadi , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger