Agus Mulyadi Njaluk Rabi

Mari Mendukung Jokowi-Prabowo Duet di Pilpres 2024

| Friday 16 April 2021 |

Beberapa waktu yang lalu, wacana terkait jabatan presiden tiga periode sempat menjadi perbincangan yang cukup hangat bahkan cenderung panas, utamanya setelah dibahas oleh Amien Rais dalam salah satu video yang ia unggah.

Wacana itu langsung ditutup oleh Jokowi saat dirinya menyatakan bahwa ia tak berminat menjadi presiden tiga periode.

“Saya sama sekali tidak memiliki niat, juga tidak berminat, untuk menjadi presiden tiga periode.” Kata Jokowi.

Belum kering wacana tersebut beredar, kini publik kembali disuguhi dengan wacana yang jauh lebih panas, yakni wacana agar Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berduet di Pilpres 2024.

Wacana tersebut menguat setelah disinggung oleh Direktur Indo Barometer M Qodari dalam sebuah webinar. Qodari menyatakan bahwa sangat memungkinkan bagi Jokowi dan Prabowo maju bersama di Pilpres 2024 sebagai pasangan capres-cawapres, tentu dengan melewati mekanisme amandemen UUD 1945 terlebih dahulu.

Qodari menyatakan bahwa majunya Jokowi dan Prabowo bisa menjadi skenario yang menarik, sebab majunya dua orang ini kemungkinan besar akan melahirkan Pilpres satu paslon melawan kotak kosong, sebab koalisi pengusung Jokowi dan Prabowo akan sangat dominan.

jokowi-prabowo

Anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini mengatakan bahwa UU 7/2017 tentang Pemilu memang memberi celah untuk tersedianya satu paslon capres, kendati demikian, hal tersebut bisa menjadi preseden yang buruk bagi demokrasi.

Nah, kalau memang kelak skenario yang agak aneh itu ternyata benar-benar terwujud (utamanya mengingat sampai saat ini, belum ada tokoh lain yang cukup dominan untuk bisa melawan Jokowi-Prabowo), maka tentu saja majunya Jokowi dan Prabowo menjadi pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024 harus didukung penuh.

Bukan apa-apa, saat ini, kita semua tahu bahwa demokrasi di Indonesia memang tengah berada di fase yang sangat mengkhawatirkan.

Menyampaikan pendapat di depan umum, termasuk melalui sosial media kini bukan lagi menjadi hal yang aman dan baik-baik saja. Di masa pemerintahan Jokowi, larangan untuk berkumpul atau berdemonstrasi, pembubaran paksa, pembatasan organisasi, penghalangan informasi, serta intimidasi menjadi hal yang semakin terasa lumrah.

Banyak kebijakan pemerintah yang dianggap represif dan anti-demokrasi. Pengesahan revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK), Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), sampai Omnibus Law menjadi sedikit dari sekian banyak contoh.

Dalam laporan The Economist Intelligence Unit (EIU) tahun 2020 lalu, Indonesia mencatatkan skor indeks demokrasi terendah dalam kurun waktu 14 tahun terakhir dan menempatkan Indonesia masuk dalam kategori negara dengan demokrasi cacat.

Dengan fakta yang demikian, apa saja upaya yang dianggap melemahkan demokrasi harus didukung sepenuhnya. Sebab tampaknya, Indonesia memang sudah jenuh dan ingin keluar dari zona demokrasi. Jadi kalau memang ingin menghancurkan demokrasi di Indonesia ini, sebaiknya memang jangan setengah-setengah. Harus total sekalian.

Nah, bisa majunya kembali Jokowi sebagai capres dan berpasangan dengan Prabowo untuk kemudian melawan kotak kosong tentu bakal menjadi titik balik matinya demokrasi di Indonesia. Itu bisa menjadi momen pungkasaning demokrasi di Indonesia ini. Senjakalanya demokrasi.

Setelah itu, orang-orang akan mencoba memilih sistem pemerintahan yang tepat untuk Indonesia selain demokrasi, sebab tampilnya Jokowi dan Prabowo sebagai presiden dan wakil presiden adalah garis batas bahwa demokrasi telah mati.

Salah satu sistem yang tampaknya cukup seksi dan masuk akal untuk dipilih adalah monarki (sukur-sukur kalau monarki absolut). Indonesia bisa mencoba mengupayakan kembali masa-masa jaya nusantara sebagai kerajaan di bawah naungan wadah bernama Majapahit.

Dengan bentuk pemerintahan kerajaan, Indonesia bisa mencoba meromantisasi kejayaan masa lalu, tentu dengan segenap bekal pengalaman atas kegagalan raja-raja di masa silam.

Nantinya, Indonesia bisa menjadi kerajaan besar dengan kerajaan-kerajaan kecil sebagai wilayah keprovinsian di bawahnya.

Sebagai kerajaan dengan segala romantisasi masa lalunya, kehidupan masyarakat Indonesia perlahan akan berubah menjadi masyarakat yang kolosal. Masyarakat yang “Tutur Tinular”. Masyarakat yang “Saur Sepuh”.

Mobil-mobil akan berkurang dan perlahan diganti kuda. Pistol dan senapan aparat bakal hilang dan perlahan akan digantikan oleh keris dan tombak. Panggilan Bro dan Sis bakal diganti dengan Kisanak dan Nisanak. “Sak udutan” akan diganti dengan “Sepeminuman teh”. Ekstrakurikuler sekolah akan diganti dengan pendidikan ilmu kanuragan. Dokter tak lagi dipanggil dokter, melainkan tabib. Umpatan bajingan akan diganti dengan keparat haram jadah. Kalau perlu, menu es kopi susu dan boba akan hilang dan diganti dengan tuak.

Kita akan kembali terbiasa melihat orang-orang sakti saling beradu jurus yang mereka pelajari di padepokan-padepokan yang sudah terakreditasi. Kita akan kembali melihat orang-orang berlatih olah sastra selayaknya Arya Dwipangga.

Pokoknya segala lini kehidupan masyarakat akan sangat “kerajaan”. Kurang indah gimana, coba? Hal tersebut akan menjadi pengalaman kebangsaan tersendiri bagi segenap masyarakat. Indah dan eco.

Segala pengalaman hidup indah itu bisa kita wujudkan. Dan langkah pertama untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mendukung Jokowi-Prabowo sebagai paslon tunggal di Pilpres 2024.

Mari kita mendukung Jokowi-Prabowo untuk Indonesia yang lebih kolosal.




Sawer blog ini

2 comments :

  1. Saya kurang setuju dengan adanya wacana presiden tiga periode. Oke, kita katakan pemerintahan bagus saat ini dan banyak yang mendukung untuk tiga periode. Tapi kebayang gak kalau pemimpin di masa depan yang hanya egois akan kekuasaan, hal2 begini justru bisa menjadi senjata makan tuan. Sudahlah, biarkan saja dengan aturan yang sudah ada maksimal masa jabatan dua periode

    ReplyDelete
  2. Saya selalu setuju dengan ide Pak Agus. Mungkin karena skeptis, atau bisa jadi karena ide yang lain lebih tidak masuk akal. Negara Saur Sepuh sepertinya menjanjikan hidup yang ndagel.

    ReplyDelete

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini
 
Copyright © 2010 Blog Agus Mulyadi , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger